ANALISA STUDI KELAYAKAN PENAMBAHAN MESIN CNC BARU DENGAN METODE NPV(NET PRESENT VALUE) DI PT.USDA SEROJA JAYA SHIPYARD BATAM

Rumiyanto Rumiyanto, Hery Irwan, Annisa Purbasari

Abstract


PT.Usda Seroja Jaya Shipyard adalah perusahaan galangan kapal yang bergerak dibidang proyek fabrikasi ships building maupun repair. Dalam proyek fabrikasi tidak semua pemotongan plat dilakukan secara manual. Namun, lebih banyak dipotong menggunakan mesin CNC(Computer Numerical control). PT.Usda Seroja Jaya Shipyard saat ini mempunyai 2 unit jenis mesin CNC ESAB Columbus Ergostar Exa 4000 dan CNCHoney Bee Hypertherm. Dengan adanya permintaan produksi untuk pemotongan plat yang semakin meningkatdan untuk menghindari aliran material pemotongan plat atau nesting yang mampet(bottleneck). Maka hal ini perlu mendapat perhatian dari pihak manajemen. Keputusan mengenai investasi proyek adalah memastikan apakah suatu rencana investasi yang akan dilaksanakan layak secara ekonomis atau tidak.

Pada tahap pengumpulan data ini yang dilakukan adalah pencatatan kegiatan, kejadian, dan karakteristik elemen yang diambil untuk data dalam studi kelayakan investasi periode tahun 2013. Untuk analisa keputusan dalam pemilihan mesin CNC yang akan dibeli. Dengan pertimbangan mesin yang lebih memberikan manfaat ekonomis untuk perusahaan antara mesin CNC ESAB Columbus Ergostar Exa 4000  dan mesin CNC Honey Bee Hypertherm. Berdasarkan atas data-data yang telah didapatkan maka selanjutnya akan dilakukan pengolahan data dan analisa data dengan metode alternatif NPV, IRR dan PP. Hasil analisa mesin CNCESAB Columbus Ergostar Exa 4000(B)dengannilai NPV=US$40,399.05 > 0, IRR=15,67% ~ 15,95%, dan PP= 3 Tahun 9 Bulan < 10 Tahun, sedangkan mesin CNC Honey Bee Hypertherm(A) nilai NPV= US$5,488.66 > 0, IRR= 15,75% ~ 15,25%, dan PP= 4 Tahun < 5 Tahun.

Dari kedua alternatif  yang diuji dengan metode NPV,IRR,dan PP ternyata semua layak, sehingga keduanya dapat dilakukan uji incremental IRR. Maka, dari perhitungan incremental IRR(B-A) didapatkan nilai IRR = 15,02% ~ 15,12%, dan DIRR(B-A) >MARR, maka alternatif B(challenger) atau mesin CNC ESAB Columbus Ergostar Exa 4000  yang harus dipilih karena, lebih baik dari alternatif A(defender) atau mesin CNC Honey Bee Hypertherm. Dengan membandingkan nilai investasi dari masing-masing mesin CNC. Maka, hendaknya perusahaan memilih mesin CNC ESAB Columbus Ergostar Exa 4000 dalam investasinya.Karena, mesin ini lebih memberikan manfaat ekonomis dan perusahaan akan mendapatkan manfaat atau keuntungan yang lebih besar daripada mesin CNC Honey Bee Hypertherm.

 

Kata kunci: Investasi mesin CNC, NPV(Net Present Value), IRR(Internal Rate of Return), PP(Payback Period),Incremental IRR.


Full Text:

PDF

References


Fahmi,I., Syahiruddin & Hadi, Y.L. 2010. Studi Kelayakan Bisnis Teori dan Aplikasi. CV.Alfabeta, Bandung.

Giatman, M. 2006. Ekonomi Teknik-Edisi 1, PT.Raja Grafindo Perkasa, Jakarta.

Grant, E.I., Ireson, W.G & Leavenworth, R.S. 1976. Dasar-Dasar Ekonomi Teknik Jilid 1. PT.Rineka Cipta, Jakarta.

Heizer,Jay& Render,Barry. 2005. Manajemen Operasi-Edisi 7. Jakarta: Salemba Empat.

Heizer,Jay& Render,Barry. 2009. Manajemen Operasi-Edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.

Nurcahyo, D.F. 2011. Analisis Kelayakan Bisnis(Studi Kasus di PT.Pemuda Mandiri Sejahtera). Laporan Penelitian Tugas Akhir. Universitas Indonesia, Jakarta.

Rully, F. 2012. Analisis Studi Kelayakan Pengembangan Usaha”Sepatu Kulit Flavio”. Laporan Tugas Akhir. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Mandala Indonesia, Jakarta.

Turner, W.C,. Mize, J H,.Case,K,E & Nazemetz, J.W. 1993. Introduction to Industrial and System Engineering 3th Edition, ed. Gunarta, I.K. Prentice Hall, A paramount Communications Company Englewood Cliffs, New Jersey 07632.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v3i2.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI



E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter