PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK PADA PROSES PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN BOTOL 600 ML DENGAN METODE FAILURE MODE EFECT ANALYSIS (FMEA) DI PT. LMN BATAM

Edi Sumarya

Abstract


Kualitas produk yang dihasilkan merupakan nilai mutlak yang harus dipenuhi oleh perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari customer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis cacat pada produk kemasan botol 600 ml, untuk menentukan factor penyebab cacat produk dan untuk mencari solusi perbaikannya yang dapat mengurangi tingkat cacat produk. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan studi pendahuluan dan studi pustaka, pengumpulan data kemudian diolah dan dianalisis, dengan menggunakan: histogram, p-chart, fish bone diagram dan failure mode effect analysis (FMEA). Data dianalisis untuk mendapatkan nilai risk priority number (RPN) nilai RPN tertinggi jadi skala prioritas untuk dilakukan perbaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis cacat yang paling tinggi adalah cacat tutup botol tidak rapat, cacat botol penyok, cacat ring tutup botol grepes, cacat isi botol. Jumlah rata rata cacat produk 3,54% dari total produksi perbulan. Faktor penyebab kecacatan terbesar adalah mesin, manusia, metode dan material. Setelah penyebab yang mengakibatkan cacat dikendalikan, terdapat pengurangan jumlah cacat produk dengan nilai rata rata cacat 2,4% dari total produksi perbulan. Solusi yang direkomendasikan untuk perbaikan nya pada proses kemasan yang memiliki nilai RPN tertinggi sebesar 576 yaitu dengan mengontrol semua proses yang ada di bagian produksi kemasan botol 600 ml terutama pada proses pengecekan.

Keywords


Kualitas, Cacat, Pengendalian Kualitas Statistik, FMEA

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 2004. Manajemen Produksi dan Oprasi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Besterfield, Dale,. H.2009 Quality Control. 8th edition New Jersey, Person Prentice Hall

Gaspersz, V. 2002. Manajemen Kualitas Penerapan Konsep-konsep Kualitas dalam Manajemen Bisis Total, PT . Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Gaversz, V. 2012 All In One Production and Inventori Mnagement Edisi 8 Bogor.

Hartono, M. 2012, Meningkatkan Mutu Produksi Plastik dengan Metode Taguchi e-jurnal Industri Politeknik Negeri Malang.

Handoko, T. 1998, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE Yogyakarta

Iswanto, A. 2013. Aplikasi Metode Taguchi Analysis dan failure Mode And Effect Analysis (FMEA). Untuk Perbaikan Kualitas Peoduksi di PT. XYZ. E-jurnal Teknik Industri.

Kotler, K. 2009, manajemen Pemasaran edisi ke 13. Jakarta: Erlanga.

Notoatmodjo, S, 1998, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta

Rusdiana, A. 20014. Manajmen Operasi. Bandung Pustaka Setia

Saamadhan, D.B. 2013. Quality Improvement in Manufacturing Procaesses Using SQC Tools Internasional Journal of Engineering Research and Applications.

Sumayang, L. 1991 dasar- Dasar manajemen Produksi dan Operasi Jakarta Salemba Empat.

Yuliasih, K. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produksi Pada Perusahaan German Wana Sari Jurnal Pendidikan Ganesha.

Yamit, Z. 2013 Manajemen Kualitas Produksi jasa, Ekosinia Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v9i1.3388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.