EVALUASI PENGARUH INTENSITAS CAHAYA TERHADAP KESALAHAN PEMBACAAN PADA PROSES FINAL INSPECTIONS DI MULTILAYER PLANT PT. BREDERO SHAW INDONESIA

Lilies Purbandaru, Petra Paulus Tarigan, Hery Irwan

Abstract


Perancangan fasilitas akan menentukan bagaimana aktivitas-aktivitas darifasilitas-fasilitas produksi dalam industri akan bisa diatur sedemikian rupa sehinggamampu menunjang upaya pencapaian tujuan pokok secara efektif dan efisien. Untukindustri manufacturing, maka perencanaan aktivitas akan meliputi penetapan carayang sebaik-baiknya agar fasilitas-fasilitas yang ada mampu menunjang kelancaranproses produksi dan operasional perusahaan. PT. Bredero Shaw Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang coating pipa-pipa yang banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan oil and gas diseluruh dunia.Pada PT. Bredero Shaw Indonesia  terdapat adanya kendala dari hasil audit oleh pelanggan tentang kurangnya intensitas cahaya di Multilayer Plant pada proses final inspection, yang dikuatirkan dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan dan pengambilan data dalam proses tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah Memverifikasi hasil temuan audit yang dilakukan oleh pelanggan yang menyatakan bahwa penerangan di area final inspection kurang dan hal itu bisamenyebabkan kesalahan pembacaan pada proses tersebut serta mengoptimalkan analisa dan perancangan untuk mendapatkan data-data yang hasilnya diharapkan dapat memproduksi hasil yang diperlukan dalam proses perbaikan terutama tentang besarnya investasi yang akan dikeluarkan perusahaan. Metode yang dilakukan adalah dengan menganalisa tingkat pencahayaan area final inspection menggunakan Dialux, dan memberikan perbaikan jika diperlukan.

Hasil perhitungan tingkat pencahayaan menunjukkan pencahayaan cukup dan memenuhi kreteria peraturan yang berlaku di Indonesia yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perburuhan No. 7 Tahun 1964 dan perbedaan intensitas cahaya di area final inspection tidak signifikan mempengaruhi hasil pengukuran.

 

Kata kunci : audit pelanggan, tingkat pencahayaan, final inspection


Full Text:

PDF

References


Bungin, B., 2006, Metode Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi Dan KebijakanPublik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Prenada Media Group, Jakarta.

Hadi, S., 1995, Statistik 1, 2, 3, Andi Offset, Yogyakarta.

Nazir, M., 1983, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Siregar, S., 2013, Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif, Bumi Aksara,Jakarta.

Sudjana, 1992. Metoda Statistika, Edisi ke 5, Tarsito, Bandung.

Sugiyono, 2003, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Susetyo, B., 2010, Statistika Untuk Analisis Data Penelitian, PT. Refika Aditama,Bandung.

Sutalaksana, I. Z., Anggawisastra, R., Tjakraatmadja, J. H., 1979, Teknik Tata Cara

Kerja, Teknik Industri ITB, Bandung.

Walpole, R.E. 1992, Pengantar Statistika, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Wignjosoebroto, S., 2006, Ergonomi Studi Gerak Dan Waktu, Penerbit Guna Widya,Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i2.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI