USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PERKANTORAN DI PT. BPR MITRA ARTA MULIA BENGKALIS RIAU

Triyono Triyono, Nandar Cundara, Hery Irwan

Abstract


Permasalahan yang terjadi Pada PT. BPR Mitra Arta Mulia adalah  tata letak fasliltasnya belum tertata secara optimal, Tidak adanya Plan layoutdari perusahaan sehingga mengakibatkan penempatan tata letak fasilitas tidak tertata secara optimal. ditemukan langkah balik yang menyebabkan jarak tempuh menjadi jauh serta, peletakan tata letak fasilitas yang tidak sesuai dengan hubungan antar aktivitas menyebabkan  karyawan  menjadi tidak nyaman dalam bekerja.

Penelitian ini bertujuan adalah untuk menentukan tata letak fasilitas antara karyawan atau station kerja yang optimal pada lokasi yang baru dengan menerapkan teori tata letak fasilitas agar pekerjaan lebih efisien karena aktifitas yang lebih sering dilakukan antar karyawan yang satu dengan yang lainnya.Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu ARC (Activity Relationship Chart) atau peta hubungan kerja adalah suatu cara teknik yang sederhana di dalam merencanakan tata letak fasilitas atau departement berdasarkan derajat hubungan aktivitas yang sering dinyatakan dalam penilaian kualitatif dan cendrung berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang bersifat subjektif dari masing-masing fasilitas atau departement.

Berdasarkan hubungan kedekatan, tata letak setelah perbaikan lebih optimal jika di bandingkan dengan tata letak sebelum perbaikan. terjadi penurunan rata-rata jarak fasilitas terutama untuk aktifitas penting yaitu Kabag kredit dengan admin kredit menjadi dekat dimana terjadi penurunan jarak yang sebelumnya 37 meter menjadi 7 meter. Accounting dengan kabag. Operasi menjadi dekat dimana terjadi penurunan jarak yang sebelumnya 22 meter menjadi 6 meter. Marketing dengan Funding officer menjadi dekat dimana terjadi penurunan jarak yang sebelumnya 24 meter menjadi 6 meter.

Kata Kunci : tata letak fasilitas, metode ARC, Optimal


Full Text:

PDF

References


Apple JM, 1990. Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan. Edisi ke 3, Bandung,ITB.

Wignjosoebroto, S, 2009. Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan. Guna Widya, edisi ke 3, Surabaya.

Handiguna, ST, MT Rika Ampuh dan Heri Setiawan, ST, MT. 2008. Tata Letak Pabrik, Yoqyakarta, Andi.

Sorimuda.Hrp. 2006. Perencanaan Pabrik. Edisi I. Penerbit Universitas Pancasila, Jakarta Selatan

Wignjosoebroto.S, 1993. Pengantar Teknik Industri. Jilid 1. Penerbit Guna Widya. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI