ANALISA DAN DESAIN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DENGAN METODE SDLC (SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE) GUNA MENGURANGI WAKTU KERUSAKAN MESIN WELDING

Shintya Rahmadani Rahadani, Zaenal Arifin, Edy Sumarya

Abstract


PT. Louis Alain adalah perusahaan subkontraktor yang bergerak di bidang industri logam serta konstruksi bangunan, Periode maret-september tahun 2017 pesanan lunchbox table modification dengan jumlah 155 unit dengan kurun waktu 6 bulan berturut, tentu hal ini berpengaruh pada kinerja mesin yang menunjang performa produksi. Pada kasus sebelumnya permasalahan yang dihadapi Departemen Perawatan dan perbaikan adalah tidak tersedianya suku cadang yang di perlukan dikarenakan tidak tersedianya sistem informasi yang mendukung penyampaian informasi untuk permintaan suku cadang dan informasi riwayat penggunaan mesin.

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan proses perawatan dan perbaikan sistem informasi pada section Welding. Objek dalam penelitian ini adalah mesin pada departemen welding section, yang merupakan asset atau peralatan yang sangat penting dalam proses produksi di PT. Louis Alain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SDLC (system development life cycle) dan DFD (Data Flow Diagram)  untuk membuat jadwal dan form perbaikan permintaan suku cadang pada welding section.

Hasil dari penelitian menunjukkan berupa alur Sistem Informasi Management (SIM) Departemen Perawatan dan Perbaikan menggunakan System Development Life Cycle (SDLC) mulai dari login, laporan kerusakan, pengajuan perbaikan, permintaan suku cadang, laporan perbaikan mesin dan history perbaikan yang bisa diimplementasikan pada Ms. Access.


Keywords


Welding Section, Sistem Informasi Manajemen, SDLC, DFD

Full Text:

PDF

References


Azis, H. and F. A. (2007). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN PAJAK DAERAH BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kantor DPPKAD Kota Palopo). Research, 6.

Dennis, A., Wixom, B. H., & Tegarden, D. (2015). System Analysis and Design: An object-oriented approach with UML, 5th ed. Journal of Chemical Information and Modeling. https://doi.org/10.1021/la061259j

Hartono, J. (2004). Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Inteligensi Buatan. Yogyakarta:Andi.

Jogiyanto Hartono. (2000). Sistem Informasi Berbasis Komputer. Penerbit BPFE Yogyakarta. https://doi.org/10.1109/IRC.2017.60

Pt, D. I., & Iskandar, P. (2016). Analisa Efektivitas Prokdusi Pada Unit Urea I Dengan Menggunakan Metode Total Productive Maintenance ( Tpm ), 14, 37–43.

Sucipto, D. (2014). PERAWATAN PADA DEPARTEMEN ELEKTRIK DI PT . PALMA PROGRESS SHIPYARD Naskah Publikasi Program Studi Teknik Industri.

Wahyono, T. (2004). Sistem Informasi (Konsep Dasar, Analisis Desain dan Implementasi). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. https://doi.org/10.1085/jgp.200910251




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v9i2.3698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter