PERANCANGAN DAN PENGUKURAN KINERJA RANTAI PASOK INDUSTRI AMPLANG (STUDI KASUS: UD. TAUFIK JAYA MAKMUR, SAMARINDA)

Muhammad Rahmat Subhan, Anggriani Profita, Dharma Widada

Abstract


UD. Taufik Jaya Makmur merupakan IKM amplang yang telah berdiri sejak tahun 1992 dan belum pernah melakukan pengukuran kinerja rantai pasok, sehingga perusahaan sulit mengevaluasi kinerja rantai pasoknya. Berdasarkan masalah tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk merancang KPI, mengukur kinerja rantai pasok, mengetahui KPI yang perlu untuk diperbaiki. Perancangan KPI dilakukan dengan model SCOR dengan hasil 27 rancangan KPI. Pengukuran kinerja rantai pasok dilakukan berdasarkan KPI yang diukur selama 3 bulan dengan 5 kali produksi menggunakan metode AHP, OMAX dan TLS. Hasil dari penelitian ini adalah nilai total indeks sebesar 4,72 yang artinya kinerja rantai pasok keseluruhan belum tercapai dan perlu diperbaiki. Kemudian terdapat 23 KPI kategori kuning, 3 KPI kategori hijau dan 1 KPI kategori merah. Setelah dianalisis, terdapat dua faktor penyebab mayoritas performansi KPI bernilai rendah. Faktor pertama adalah mengikutsertakan KPI dengan score terburuk pada perhitungan rata-rata performansi dan faktor kedua adalah nilai performansi antar level memiliki nilai yang berdekatan dikarenakan data yang kurang bervariasi. Berdasarkan faktor tersebut peneliti menggunakan acuan ukuran pemusatan dengan nilai mean performansi keseluruhan KPI sebesar 5 sebagai standar untuk mengetahui KPI yang perlu untuk diperbaiki. Berdasarkan acuan tersebut terdapat 19 KPI yang perlu untuk diperbaiki.


Keywords


Pengukuran Kinerja Rantai Pasok;KPI; SCOR; AHP;OMAX;TLS

Full Text:

PDF

References


Prasetyo, D. S., Andrean, E., dan Cyrilla, I. P, “Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Menggunakan Pendekatan Model Supply Chain Operations Reference (SCOR) pada IKM Kerupuk Subur” Jurnal Penelitian dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI) Vol. XV, No. 1, 2021.

Satriono, B., Anggriani, P., dan Farida, D. S, “Perancangan dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Kerangka Agri-Food Supply Chain”, Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya Vol. 6, No. 2,2020.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia, 2019. IKM Berkontribusi 60 Persen Serapan Total Tenaga Kerja Industri, https://kemenperin.go.id/artikel/20818/IKM-Berkontribusi-60-Persen-Serapan-Total-Tenaga-Kerja-Industri.

Badan Pusat Statistik. (2019) Profil Industri Mikrodan Kecil Provinsi Kalimantan Timur

Putri, I. W. K., dan Surjasa, D, “Pengukuran Kinerja Supply Chain Management Menggunakan Metode SCOR (Supply Chain Operation Reference), AHP (Analytical Hierarchy Process) dan OMAX (Objective Matrix) di PT. X”, Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 1, 2018.

Pujawan, I. N., dan Mahendrawathi. Supply Chain Management Edisi 3, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2017.

Munthafa, A. E., dan Husni, M., “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi”, Jurnal Siliwangi Vol. 3, No. 2, 2017.

Irwansyah, B., Zulkarnaini, dan Juhendrifansyah. “Penentuan Prioritas Kendala Mahasiswa Menemukan Cara Belajar yang Baik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process”, SEMNASTIKAUNIMED, ISBN: 978-602-17980-9-6,2017.

Yuniarti, R., Ihwan, H., dan Rangga, D. B., “Performance Evaluation of Bran Suppliers with ANP and OMAX Method”s, Journal of Engineering and Management Industrial System (JEMIS) Vol. 5, No. 1, 2017.

Novita, E., Edward, M., dan Welly, “Pengukuran Kinerja dengan Metode Performance Prism dan OMAX (Studi Kasus: PT.X)”, Journal of Industrial & Quality Engineering (Inaque) Vol. 9, No. 1,2021.

Hamzah, L.M., Imam, A., dan Emi, M, Pengantar Statistika Ekonomi, Bandarlampung: Penerbit CV. Anugrah Utama Raharja (AURA), 2016




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v10i1.4322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter