PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK MENGGUNAKAN STATISTICAL PROCESSING CONTROL ( SPC) DAN PDCA UNTUK MENGURANGI JUMLAH REJECT PRODUKSI ( Di PT.TOSHIBA ELECTRONIC CORPORATION )

Moden Purba, Zaenal Arifin

Abstract


PT. Toshiba Electronic Corporation merupakan perusahaan yang bergerak di bidang elektronik. Ada upaya peningkatan kualitas produk dilakukan dengan mengatasi penyebab cacat pada proses produksi. Data hasil produksi printer model BEX-4 di stasiun pemeriksaan selama tiga bulan, yaitu bulan Desember 2016 rata-rata yield 86%, Januari 2017 rata-rata yield 87,2% dan Febuari 2017 rata-rata yield 87,6%, sehingga merujuk kepada data tersebut menggambarkan bahwa hasil tidak tercapai sesuai target perusahaan yaitu 95%, akibat tidak tercapainya hasil tersebut menyebabkan proses produksi lebih lama dari standar yang ditentukan, sehingga biaya produksi bertambah..

Pemanfaatan Statistical Process Control dan PDCA merupakan suatu bagan visual untuk memberi gambaran proses yang sedang berjalan, untuk mengetahui apakah proses berada di dalam batas-batas yang telah ditetapkan sebelumnya atau tidak. Kontrol Proses Statistik ini dapat diterapkan dimana saja, baik di perusahaan kecil, menengah, maupun perusahaan besar. Selain itu Statistical Process Control dapat diterapkan pada bagian kualitas, proses produksi, mesin maupun manusianya. Alat-alat yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini adalah diagram sebab akibat, diagram pareto, histogram, Control Chart.

Reject yang terjadi yaitu univen, kerut, light print, bold print, head error, black line, white line. Dari hasil penelitian diketahui adanya peningkatan hasil dari 94% bulan Maret menjadi 95% pada bulan April dengan jenis defect paling dominan defect univen


Keywords


Statistical Process Control , PDCA, Cacat.

Full Text:

PDF

References


Assauri (1998). 2005. Total Quality Manajemen. Jakarta :PT. Gramedia Pustaka Utama.

Crosby (1979). “Analisis Pengendalian Kualitas Produksi di PT. Masscom Graphy Dalam Upaya Mengendalikan Tingkat Kerusakan Produk MenggunakanAlat Bantu Statistik”. Diakses 3 Maret 2017 pukul 19.00,dari e-library Undip.

Deming (1982). “Manajemen PengendalianMutu Produksi Roti Melalui Pendekatan Statistical Quality Control (SQC)”. Diakses 5 Maret2017 pukul 19.00,dari e-libraryUnhalu.

Heizerdan Render (2006).Manajemen Operasi ed7. Jakarta: Salemba Empat. Sri HerwantodanSunarto. 2007.

Prawirosentono (2007). Total Quality Manajemen. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama Hal : 35-47.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v10i2.4699

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter