PERANCANGAN JIG BERDASARKAN STUDI GERAK DAN WAKTU DALAM MENDUKUNG PENYELESAIAN FAILURE ANALYSIS CUSTOMER RETURN DI PT.EXCELITAS TECHNOLOGIES BATAM JIG DESIGNING BASED ON MOTION AND TIMING STUDY TO SUPPORT FAILURE ANALYSIS CUSTOMR RETURN DISCOVERY AT PT. EXCELITAS TECHNOLOGIES BATAM

Achmad Yunus, Refdilzon Yasra, Hery Irwan

Abstract


Proses FA atau Failure Analysis adalah salah satu proses dimana memiliki tujuan untuk mengetahui akar penyebab masalah terjadinya produk menjadi reject.  FA juga merupakan bentuk salah satu faktor customer satisfaction sehingga dalam penyelesaiannya sedapat mungkin bisa tepat waktu. Hal inilah yang saat ini menjadi fokus penelitian karena dari hasil observasi selama beberapa bulan, FA yang berhasil diselesaikan dengan tepat waktu hanya sekitar 70%.  Tujuan dari penelitian ini adalah mencari penyebab mengapa proses FA memakan waktu cukup lama dan bagaimana penyelesaian masalah tersebut.Tahap pertama melalui observasi secara langsung pada proses tersebut guna menganalisa dan mengidentifikasi apa yang menjadi faktor yang berkontribusi dalam memperlambat proses FA. Tahap kedua yaitu mencari solusi untuk mengurangi lamanya waktu proses FA yaitu salah satu cara dengan merancang sebuah alat bantu sesuai dengan ide dan feature yang diperlukan untuk membantu proses tersebut. Tahap ketiga yaitu pengambilan data melalui observasi secara langsung. Tahap keempat yaitu menentukan spesifikasi alat bantu. Tahap kelima yaitu perhitungan perbandingan data sebelum dan setelah adanya alat bantu. Tahap terakhir adalah pembahasan mengenai hasil dari percobaan yang telah dilakukan untuk ditarik kesimpulan.Hasil dari penelitian ini adalah desain alat bantu yang dapat mempercepat waktu proses penyambungan kaki pin sensor serta meningkatkan produktifitas kerja.

 

Kata kunci : Alat bantu, produktifitas, Failure Analysis, desain dan perancangan, waktu siklus

 

Failure Analysis or FA process is a process which has the aim to determine the root cause of the problem product into a reject. FA is one of factor customer satisfaction to solve problem on time. This is currently focus of research because based on observations over several months, the FA are successfully completed on time only about 70%. The purpose of this study is to find the cause of why the FA process takes a long time and how the settlement of the problem. The first phase through direct observations on the process to analyze and identify what factors are contributing to the slow process of FA. The second stage is to look for solutions to reduce the length of time the FA process that is one way to design a tool in accordance with the ideas and features needed to help with the process. The third stage is collecting data through direct observation. The fourth stage is to determine the specifications of tools. The fifth stage is the calculation of data comparison before and after made tools. The last stage is a discussion due to experiments has been conducted to conclude.The results of this study are the design tools can accelerate time splicing process sensor pin legs and improve labor productivity.

Keywords: Tools, productivity, Failure Analysis, design , cycle time


Full Text:

PDF

References


Ainul. 2009. Pengukuran Waktu. [Internet]. Universitas Gunadarma. Terdapat di http://ainul.staff.gunadarma.ac.id. [Diakses : 9 Juni 2014]

Ainul. 2009. Peta-Peta Kerja. [Internet]. Universitas Gunadarma. Terdapat di http://ainul.staff.gunadarma.ac.id. [Diakses : 3 Mei 2014]

Hardiningtyas, D. 2012. Analisa dan Pengukuran Kerja. [Internet]. Universitas Brawijaya. Terdapat di http://dewihardiningtyas.lecturer.ub.ac.id. [Diakses: 20 Mei 2014]

Purnomo, H. 2004. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sinungan, M. 2009. Produktifitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono, Dr. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Semarang: CV. Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v4i1.546

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 PROFISIENSI