PENGARUH POLA ASUH TERHADAP KECERDASAN MAJEMUK ANAK

Junierissa Marpaung

Abstract


Kecerdasan majemuk pertama kali diperkenalkan tahun 1983 oleh Howard Gardner di Harvard School of Education and Harvard Project Zero. Menurut Gardner, kecerdasan melebihi dari hanya sekedar IQ (Intelligence Quotient) karena IQ yang tinggi tanpa ada produktifitas bukan merupakan kecerdasan yang baik. Anak harus dinilai berdasarkan apa yang mereka dapat kerjakan bukan apa yang tidak dapat mereka kerjakan. Kecerdasan didefinisikan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah dan memiliki nilai lebih dalam sebuah kultur masyarakat. Kecerdasan mejemuk diartikan sebuah penilaian yang melihat secara deskriptif bagaimana individu menggunakan kecerdasannya untuk memecahkan masalah dan menghasilkan sesuatu. Delapan macam kecerdasan majemuk, yaitu: kecerdasan linguistik, kecerdasan logika matematika,kecerdasan kinestetik, kecerdasan musikal, kecerdasan visual spasial, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal,dan kecerdasan naturalistik. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kecerdasan majemuk salah satu diantaranya adalah lingkungan rumah, dimana di dalam lingkungan rumah meliputi pola asuh orang tua.

 

Kata Kunci: Multiple Intelligence, Pola Asuh


Full Text:

PDF

References


Tut Sayogya. (2011). Sukses Berbasis Talenta Alami. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Agung Kumojoyo. (2011). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Majemuk Siswa SD. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Heni Suhemi dan Dwi Hastuti. (2011). Pengaruh Pola Asuh dan Latar Belakang Pendidikan Prasekolah Terhadap Kecerdasan Majemuk Remaja. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor (IPB) Volume 4 No.2. hlm.156-163.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.