HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMA INTEGRAL HIDAYATULAH BATAM

Tamama Rofiqah, Sunaini Sunaini

Abstract


Berdasarkan data hasil belajar UTS Ganjil pada siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah sebanyak kurang dari 50% tidak tuntas. Rendahnya hasil belajar siswa ini salah satunya disebabkan oleh minat siswa terhadap belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar pada siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah Batam. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kuantitatif korelasional. Penelitian ini menggunakan dua hipotesis: a) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah Batam, b) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan hasil belajar siswa kelas X SMA Integral Hidayatullah Batam. Hasil analisis data diperoleh nilai rxy=0,309 dengan signifikansi 0,029<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Jadi kesimpulannya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa kelas X SMA Intergal Hidayatullah Batam.
Kata kunci: minat belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Hasnawati. 2011. Psikologi Pendidikan. Pauh Kambar: STKIP Nasional

Jihad. A. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo

Kotiah. 2012. “Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa MI Nurul Hidayah Grumbulijo Gondanglegi Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi, tidak diterbitkan, Sekolah Tinggi Agama Islam, Salatiga.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Prakaza, R.B. 2009. “ Prestasi belajar siswa SLTP Semesta ditinjau dari minat belajar bahasa turki”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Sudariyanto. 2014. Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar tentang Kenampakan Buatan di Wilayah Indonesia dengan Media Visual pada Siswa Kelas V SDN Selodakon 04 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal, 3,187-198

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003

Wasti, S. 2013. Hubungan Pemberian Reward dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Tata Busana di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padang. Skripsi. tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.