HUBUNGAN ANTARA PEER GROUP DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM

Junierissa Marpaung

Abstract


Mahasiswa dituntut untuk dapat aktif dan kreatif belajar di kampus. Tak jarang mahasiswa mendapatkan kesulitan dan permasalahan dalam menjalani proses belajar mengajar di kampus yang menyebabkan mahasiswa kurang memiliki prestasi yang dimiliki optimal maka diperlukan motivasi belajar. Pengaruh teman sebaya (peer group) diperlukan untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Pengambilan data dilakukan di Universitas Riau Kepulauan Batam. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam sebanyak 37 orang mahasiswa. Teknik yang digunakan adalah cluster sampling dan menggunakan angket peer group dan motivasi belajar yang menggunakan model skala Likert. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi sederhana menunjukkan hasil rxy =  0,556 dan p = 0,000 (p<0,05). Kondisi tersebut menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang antara peer group dengan motivasi belajar mahasiswa Universitas Riau Kepulauan Batam. Artinya semakin tinggi peer group maka semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam, dan sebaliknya semakin rendah peer group maka semakin rendah motivasi belajar mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Riau Kepulauan Batam. Efektivitas regresi dalam penelitian ini sebesar 0,354, artinya motivasi belajar mahasiswa Unrika sebesar 35,4% ditentukan oleh faktor peer group, sedangkan 64,6% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini.

 


Full Text:

PDF

References


Agustina Ekasari dan Zesi Andriyani. (2013). Pengaruh Peer Group Support dan Self Esteem Terhadap Resilience Pada Siswa SMAN Tambun Utara Bekasi. Jurnal Soul Vol. 6 No.1 (1-20). Bekasi.

Ainil Huda. (2013). Pengaruh Peranan Teman Sebaya, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Ekonomi

Didik Kurniawan dan Dhoriva Urwatul Wustqa. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Vol. 1 No. 2 (176-187). Universitas Negeri Yogyakarta

Fatimah Saguni dan Sagir M. Amin. (2014). Hubungan Penyesuaian Diri, Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Self Regulation Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Akselerasi SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Penelitian Ilmiah Vol. 2, No. 1. Palu

M. Nisfiannoor dan Yuni Kartika. (2004). Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya Pada Remaja. Jurnal Psikologi Vol. 2 No.2. (160-178). Jakarta.

Ruseno Arjanggi dan Titin Suprihatin. (2010). Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Meningkatkan Hasil Belajar Berdasar Regulasi Diri. Jurnal Makara, Sosial Humaniora Vol. 14 No. 2 (91-97). Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i1.1446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.