GAYA HIDUP PEKERJA SEKS KOMERSIAL (PSK)

Sri Wahyuni Adiningtyas, Meiga Rizki Loviana

Abstract


Batam merupakan salah satu pulau di Indonesia yang dibangun menjadi kota industri. Letak Batam begitu strategis. Batam berada dekat dengan jalur pelayaran besar di dunia. Banyak orang memiliki kepentingan tersendiri di Batam. Gaya hidup menunjukkan bagaimana orang mengatur kehidupan pribadinya, perilaku di depan umum, dan usaha menjadikan dirinya unik. Setiap manusia adalah mahluk individual yang akan memenuhi gaya hidup pribadi yang unik. Pekerja Seks Komersial (PSK) adalah suatu pekerjaan dimana seorang perempuan menggunakan atau mengeksploitasi tubuhnya untuk mendapatkan uang, dan terdapat juga orang yang memilih menjadi pekerja seks komersial karena faktor ekonomi yang memiliki kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dirinya dan keluarganya untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa Gaya Hidup Pekerja Seks Komersial (PSK) bahwa subjek memilih bekerja secara instan sebagai Pekerja Seks Komersial (PSK) dijadikan sumber pendapatan demi mendapatkan uang dan ada juga karena pernah ditinggal mantan pacarnya secara sepihak, dan wanita tersebut trauma. Uang yang didapatkan hanya untuk berfoya-foya. Seperti shoping, jalan-jalan, ke salon dan sering mentraktir teman-teman, bahkan menggoleksi barang brend (merek) dan modeling dengan melihat ibunya mendapatkan uang dengan cepat.


Full Text:

PDF

References


Afrizal & Nando KT. (2016). “Razia Prostitusi Jodoh-Batam”. Haluan Kepri, halaman. 10

Chaney David. (2013). “Life Style Sebuah Pengantar Kompehensif”. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Ratna Ningsih. (2013). “Kehidupan Mantan Pekerja Seks Komersial” . Skripsi, tidak di terbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Martha Kristiyana. (2013). “Perilaku Sosial Pekerja Seks Komersial (PSK) dipasar hewan Prambanan”. Skripsi, tidak di terbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Mardiati, I. (2015). Dampak Trauma Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Psikis Anak. Jurnal Studi Gender dan Anak, I (2) 26-29.

Muhammad Zuhri (2015). “Mangkalan Para PSK di Batam”. Batamnews, halaman.12

Nurfadhilah. (2017). “Fenomena Dugem di Kota Batam”. Skripsi, tidak diterbitkan. Universitas Riau Kepulauan, Batam.

Nurbaity. (2016). “Dinamika kecenderungan gaya hidup hedonisme dan perilaku seks bebas”. Diakses 22 – Juli - 2018, Vol 01. No. 01. Http://journals.Nurbaity.28201629.html.

Pitojo, G. K. (2016). Pola Trauma, Penanganan, Dan Hasil Akhir Di Instalasi Rawat Darurat Bedah RSUP Prof. Dr. D, Kandou Manado. Jurnal e-Clinic (eC1), 2(12)

Subhi Azis Suryadi. (2011). “Interaksi Sosial Antara Pekerja Seks Komersial (PSK) Dengan Masyarakat”. Skripsi, tidak di terbitkan. Universitas Negeri Semarang (UNNES). Semarang.

Siti Miftakhul Jannah Budiharjo. (2013). “Kajian Keterkaitan Gaya Hidup Mahasiswa”. Skripsi, tidak di terbitkan. Universitas Malang. Malang.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.