MENGURANGI AGRESI VERBAL SISWA MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA (Studi Eskperimen kelas VII MTs Islamic Center Nahdlatul Wathan Batam)

Tamama Rofiqah

Abstract


Teknik sosiodrama merupakan pemberian bantuan kepada siswa yang memiliki permasalahan dalam hubungan sosial dengan cara membentuk sebuah kelompok dan permasalahannya akan diselesaikan dengan bermain peran. Dengan mengikuti teknik sosiodrama ini siswa diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dalam bertingkah laku dan bersosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah teknik sosiodrama dapat mengurangi perilaku agresi verbal siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Pre-Eskperimen ( The One Group Pretest-Posttest Design). Penelitian dilakukan di MTs Islamic Center Nahdlatul Wathan dengan sampel penelitian sebanyak 20 orang. Instrument yang digunakan adalah angket skala likert. Data dianalisis dengan menggunakan rumus Wilcoxon Signed Rank Test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa secara umum perilaku agresi verbal siswa dapat dikurangi melalui penerapan teknik sosiodrama. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru BK dalam menangani siswa yang berperilaku agresi adalah dengan menerapkan teknik sosiodrama.


Full Text:

PDF

References


Baron, R.A, & Byrne, D. (2005). Psikologi Sosial Edisi ke-10 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Berkowitz, Leonard. (2003). Emotional Behavior (Mengenali Perilaku dan Tindakan Kekerasan di Lingkungan Sekitar Kita dan Cara Penanggulangannya). Alih Bahasa: Hartanti Woro. Jakarta: PPM

Dian Muslimatun Azizah (2013). Mengurangi Perilaku Agresi Siswa Melalui Layanan Klasikal Menggunakan Teknik Sosiodrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling

Jonathan N. Onukwofur .(2013).Physical and Verbal Aggression Among Adolescent Secondary School Students in Rivers State of Nigeria. International Journal of Education Learning and Development. Vol 1 Nomor 2.

Laela Siddiqah. (2010). Pendegahan dan Penanganan Perilaku Agresi Remaja Melalui Pengelolaan Amarah. Journal Psikologi. Volume 37 Nomor 1.

Lilis Erma Suryani.(2001). Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Komunikasi yang Beretika pada Siswa di SMA Negeri 1 Gondang. Journal Bimbingan Konseling. Vol 1 Nomor 2.

Myers, David G. (2002). Social Psychologi (Psikologi Sosial). Alih Bahasa: Aliya Tusyani, dkk. Jakarta: Salemba Humanika

Nana Sudjana (2002).Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ulti Latifah (2001).Penerapan Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Komunikasi yang Beretika pada Siswa di SMA Negeri 1 Gondang. Jurnal BK Vol 3 nomor 1.

Wingkel (2004).Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia.

Zamzani, A. 2007. Agresivitas Siswa SMK DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 069




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.