Dukungan Sosial Keluarga Pada Anak Penderita Leukimia Berdasarkan Film "My Sister's Keeper"

Junierissa Marpaung, Juwita Boneka Sinaga

Abstract


Kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang dapat menyerang siapa saja dari berbagai kalangan usia dan jenis kelamin. Salah satu yang dapat menjadi penderita kanker terbesar adalah anak-anak. Kanker yang menyerang pada anak adalah kanker dengan berbagai jenis dan stadium. Pemberian dukungan membantu individu untuk melihat segi-segi positif yang ada dalam kepercayaan diri dan kemampuan serta merasa dihargai dan berguna saat individu mengalami tekanana atau masalah. Maka dari itu, penulis bertujuan ingin mengetahui gambaran mengenai dukungan sosial pada anak penderita leukemia.

Full Text:

PDF

References


Amanda Febriani Putri. (2015). Dukungan Orangtua Yang Memiliki Anak Dengan Leukimia Usia 6-12 Tahun Di RSU Kabupaten Tangerang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Bara Garnisa Mushyama. (2015). Dukungan Sosial Keluarga Pada Anak Penderita Kanker Darah Di Yayasan Kasih Anak Kanker Jogja. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Debby Septiana Pertiwi. (2014). Pengalaman Interaksi Sosial Pada Anak Penderita Leukimia Yang Menjalani Kemoterapi Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Program Studi S-1 Keperawatan STIKES Kusuma Husada. Surakarta.

Desi Lustiyani Wahono. (2016). Coping Stres OrangTua Anak Dengan Leukimia Limfositik Akut (ALL). Jurnal Psikologi Psibernetika 9(2), 113-124. Universitas Bunda Mulia.

Feriana Ira Handian, Pudjo Hagung Widjajanto, dan Sumarni DW. (2017). Motivasi, Hambatan dan Strategi Orangtua Keluarga Miskin Dalam Merawat Anak Dengan Leukimia Limfoblastik Akut (LLA). Jurnal Care 5(1), 77-91. STIKES Maharani Malang.

Lenni Juliana. (2018). Motivations Analysis In “My Sister’s Keeper” Movie. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Riau Kepulauan.

Misgiyanto dan Dwi Susilawati. (2014). Hubungan antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Penderita Kanker Serviks Paliatif. Jurnal Keperawatan, 5(1), 1-15. Universitas Diponegoro.

Nalau Sapu Rata, Mohammad Basit, dan Sapariah Anggraini. (2018). Hubungan Dukungan Emosional Keluarga Dengan Tingkat Nyeri Pada Anak Acute Lymphoblastic Leukimia Akibat Kemoterapi. Jurnal Keperawatan Suaka Insan, 3(1), 1-13. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Suaka Insan Banjarmasin.

Sameton. (nd). Pengalaman Ibu Merawat Anak Usia Toddler Dengan Leukimia yang Menjalani Kemoterapi Di Ruang Rawat Inap Anak RSUP Dr. M.Djamil Padang. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Universitas Andalas.

Yana Safitri, Binahayati, dan Budi M. Taftazani. (2017). Dukungan Sosial Terhadap Orangtua Anak Penderita Kanker Di Yayasan Komunitas Taufan Jakarta Timur. Jurnal Penelitian dan PKM 4(2), hal.246-251. Universitas Padjadjaran.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v6i1.1944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.