PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PENERIMAAN DIRI SISWA BROKEN HOME DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

Nike Reza Andriani, Moch Edward Romli, Arizona Arizona

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa broken home melepas tanggung jawab nya seperti sering membolos tidak mengerjakan tugas, sering tidak masuk sekolah dan menarik diri/minder dengan teman-temannya. Oleh karena itu peneliti berupaya untuk membimbing, mengarahkan serta mengontrol diri siswa yang mengalami penerimaan diri yang rendah akibat korban broken home . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri terhadap penerimaan diri siswa korban broken home yang memiliki tingkat penerimaan diri rendah diSMA Negeri 10 Palembang .

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain korelasi sederhana.Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Angket Kontrol Diri dan Angket Penerimaan Diri yang disusun oleh peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuesioner, obsevasi, dan dokumentasi.Subjek penelitian ini adalah siswa-siswi broken home di SMA Negeri 10  Palembang  berjumlah 37 siswa.  

Hasil Penelitian Kontrol diri memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap penerimaan diri sisiwa broken home di SMA Negeri 10 palembang. Hal ini ditunjukkan oleh hasil perhitungan korelasi dengan nilai 0,99 yang artinya Tinggi.Hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai signifikan jika thitung≥ ttabel ,diperoleh thitung = 42,12 ≥ ttabel= 1,680. Sehingga disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kontrol diri terhadap penerimaan diri siswa broken home di SMA Negeri 10 Palembang .

Kata kunci: Kontrol diri, Penerimaan diri, Broken home


Full Text:

PDF

References


Alfiana ida. 2018. Penerimaan diri remaja broken home dibalai pelayanan sosial asuhan anak budhi sakti banyumas.Institut Agama Islam Negeri Purwokerto

Ali Mohammad. 2016. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ali M dan Asrori 2010. Perkembangan Peserta didik. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik. Jakarta: Rineka Cita

Arizona., Kholili Ma’rifatin Indah. 2017. Teknik relaksasi untuk meningkatkan self efficacy siswa. Palembang:Noer Fikri

Farida Harahap dan Marsiyati Tri. Psikologi Keluraga. 2002. Yogyakarta: FIP UNY

Gerungan. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Ghuron M. Nur., Risnawita Rini. 2017. Teori-teori psikologi. Jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA

Ferdiansyah. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif. Bogor: Herya Media

Habsari Sri. 2008. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: Grasindo

Hana Septa. 2019. Tingkat Penerimaan Diri Remaja Broken Home. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Hasan M. Iqbal. 1999. Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta:PT Bumi Aksara

Haryati Tri Darmini. 2017. Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Kontrol Diri Dengan Prilaku Delikuen Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Jombang. Malang: Psikodimensia, Vol. 16; No. 2

Hanurawan Fattah. 2018. Psikologi Sosial Terapan. Depok:Rajawali PERS

Hurlock. 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press

Sri Lestari. 2012. Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana

Ida Ayu. 2018. Dinamika Penerimaan Diri Pada Remaja Broken Home Bali: Jurnal Psikologi Udamaya, Vol.5 No.2

Ilma Adji Hadyani. 2017. Proses Penerimaan Diri Terhadap Perceraian Orang Tua. Semarang: Jurnal Empati,Volume 7 Nomor 3

Rita Izzaty. 2008. Perkembangan Perserta didik. Yogakarta: UNY Press

Riduwan .2008. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung :Alfabeta

Syamsu Yusuf. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Yogyakarta: Media Pressindo

Sudarsono. 2008. Kenakalan Remaja. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sudjana. 2005. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2015. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung:Alfabeta

Wahyudi Muchamad Agus Slamet.2007. Konsep pendekatan behavior dalam menangani perilaku indisipliner pada siswa korban perceraian. UIN sunan kalijaga yogyakarta

Willis Sofyan.S. 2009. Konseling Keluarga. Bandung :Alfabeta

Winarni Endang Widi. 2018.Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung:Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i1.2116

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.