PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INSTRUMENTASI DALAM KONSELING I SEBAGAI PENDUKUNG PENGEMBANGAN PEMAHAMAN DAN SKILL MAHASISWA PROGRAM STUDI S1 BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP UNIVERSITAS JAMBI

Freddi Sarman, Asradi Asradi

Abstract


Bahan ajar merupakan uraian seperangkat meteriyang disusun secara sistematis dalam bentuk tertulis maupun tidak tertulis, untuk menciptakan suasara yang memungkinkan mahasiswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang dapat mengembangkan pemahaman dan sklill mahasiswa. Pengembangan bahan ajar instrumentasi dalam konseling I ini memodifikasi model 4-D dari Thiagarajan. Pengembangan bahan ajar ini telah dimulai dari pendefinisian, perancangan bahan ajar sampai pada tahap pengembangan dengan penilaian oleh tim ahli. Pada tahap awal/pengkondisian dilakukan dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, tahap perancangan dilakukan penyusunan prototypenya yang sesuai dengan kebutuhan. Tahap pengembangan dilakukan dengan meminta orang tim ahli. Hasil pretes dan postes penggunaan bahan ajar menunjukkan selisih peningkatan nilai rata-rata sebesar 20 apa bila diformulasikan kepada tabel gain score maka diperoleh hasil 0.85 atau dapat dimaknai “tinggi” serta penilaian pakar diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi syarat secara akseptabilitas dari segi kejelasan, kegunaan, kelayakan, dan ketepatan dengan indeks Aiken 0.78 dan berada pada kategori tinggi.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, Riska. (2013). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP Press.

Eriyadi, S. (2008). Community: Surat pembaca: Merangsang kreativitas guru menyusun bahan ajar. Diakses tanggal 25 Agustus 2019 dari http:// www.radarsema-rang.com/community/ artikeluntukmu-guru-ku/2259-merangsangkreativitas-guru-menyusun-bahan-ajar.html

Thiagarajan, S., et al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: University of Minnesota

Newby, T.J, Stepich, D.R, Lehman, J.D & Russel, J.D. (2000). Instructional technology for teaching and learning: Designing instruction, integrating computers and using media. New Jersey: Prentice Hall Inc.

Pribadi, B.A & Sjarif, E (2010). Pendekatan Kontruktivistik dan oengembangan bahan ajar pada sistem Pendidikan Jarak Jauh. Journal (Vol. 11, no 2 117-128) Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh.

Setyorini, R., Parmin & Widiatmoko, A. Pengembangan Modul IPA Berkarakter Peduli Lingkungan Tema Polusi Sebagai Bahan Ajar Siswa SMK N 11 Semarang. Journal (Vol. 2). Unnes Science Education Journal.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2003). Teknologi pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sumantri, Mulyani & Permana, Johar. (1999). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Thiagarajan, Semmel S.S., & Semmel. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children a Sourcebook. Bloomington: Center for innovation on Teaching the Handicaped.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v7i2.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.