EVALUASI PROGRAM BIMBINGAN KONSELING UNTUK OPTIMALISASI TATA TERTIB SISWA SMA NEGERI 1 SUNGAI ROTAN

Nopriadi nopriadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan berkenaan dengan evaluasi program Bimbingan Konseling untuk optimalisasi tata tertib siswa di SMAN 1 Sungai Rotan, dengan focus penelitiannya adalah evaluasi program BK berdasarkan evaluasi program model CIPP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek dan informan penelitian yaitu  guru, kepala sekolah, tenaga kependidikan dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumenter. Kemudian data tersebut dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pelaksanaan evaluasi program dengan model CIPP terdiri dari Context (legalitas program dan dukungan warga sekolah), input (struktur organisasi dan fungsi, konselor, program, siswa, sarana prasarana dan pendanan), proses (peran BK dan pelaksanaan pelayanan BK ) dan produk ( prubahan sikap siswa dan prestasi belajar). Pada aspek context semua komponen sudah tercapai, terdapat legalitas hukum yang mengatur tentang program bimbingan dan konseling, pada aspek input sebagian aspek input sudah tercapai. Terdapat struktur dan fungsi organisasi bimbingan dan konseling, konselor sudah memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi yang ditentukan. Hanya saja jumlah konselor di sekolah tersebut perlu ditambah agar pelayanannya dapat lebih efektif. Pada aspek process seluruh aspek sudah terlaksana dengan baik. Namun, pada aspek product, pemahaman diri dan perubahan sikap siswa, dan prestasi akademik masih cenderung fluktuatif, sedang perasaan positif dan perkembangan kemandirian siswa dapat dikatakan baik.


Full Text:

PDF

References


Suharsimi, A & Cepi Syafrudin A,J. (2009). Evaluasi Program Pendidikan- pedoman teoritis praktis bagi praktisi pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Suharsimi, A & Yuliana, Lia (2010). Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Aditya Media.

Program Guru Bimbingan Konseling SMAN 1 Sungai Rotan TP. 2019/2020 Semester 1

Prayitno dan Erman Amti (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. PT. Rineka Cipta: Jakarta

Ralph, Tyler. (2010). Models of Teaching, New Yersey : Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs.

Subar. J & Nur Arini, AK. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model CIPP. Journal of Disability Studies Inklusi.(5) 2. DOI: https://doi.org/10.14421/ijds.050202

Sugiyono.(2008). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

UU Permendikbud No. 111 Tahun 2014




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.2967

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.