Penerapan Konseling Perorangan Pada Perilaku Bullying

Septi Primakuria

Abstract


Artikel ini membahas mengenai perilaku bullying yang sedang ramai dibicarakan dalam dunia pendidikan. Perilaku bullying merupakan tindakan kekerasan yang dilakukan di sekolah oleh satu orang atau sekelompok orang pada satu orang yang dianggap lemah baik secara fisik maupun ekonomi. Perilaku bullying ini tentu berdampak besar bagi korban, yang mengakibatkan kehidupan sehari-hari menjadi terganggu (KES-T). Adapun cara guru BK mengatasi perilaku bullying ini dengan menerapkan konseling perorangan pada pelaku dan korban secara terpisah. Diharapkan setelah proses konseling perorangan dilakukan pelaku bullying dapat menyadari bahwa tindakan yang dilakukan selama ini kurang baik dan memutuskan untuk memperbaiki diri. Begitupun dengan korban dari bullying, setelah melakukan konseling perorangan dapat memutuskan untuk bangkit dari trauma dan berpikir positif.
Kata kunci: Konseling Perorangan, Bullying

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.