Keefektifan Video Panduan Pengelolaan Emosi Orang Tua Bekerja dalam menghadapi “Study From Home” di Masa Pandemi Covid-19

Arie Khusumadewi, Titin Indah Pratiwi, Denok Setiaawati, Muhammad Farid Ilhammudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keresahan para orang tua sejak diberlakukannya social distancing yang mengakibatkan adanya kebijakan bekerja dari rumah dan belajar dirumah. Tidak semua orang tua memiliki keterampilan mengajar dan pengetahuan yang utuh terhadap materi pembelajaran putra putrinya. Sehingga yang muncul adalah kecemasan terhadap tugas, kecewa terhadap kondisi, menyalahkan sekolah/ guru dalam pengerjaan tugas siswa, marah ketika anak tidak bisa mengerjakan, dan lain sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media video panduan model pengelolaan emosi orang tua bekerja sehingga diharapkan dapat mengurangi dampak stress yang dialami orang tua dengan cara melakukan pengelolaan emosi yang baik. Metode penelitian yang digunakan pre eksperimen yang dilakukan pada 57 orang tua bekerja yang memiliki anak dengan status pelajar SD. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa video model pengelolaan emosi efektif untuk membantu meningkatkan pengelolaan emosi orang tua bekerja. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis statistik uji T berpasangan (one sample t-test) bahwa nilai signifikansi 0,000 berada di bawah α 0, 05. Artinya H0 ditolak sehingga ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre tes drngan nilai pos tes.


Full Text:

PDF

References


Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. New York: General Learning Press.

Burhan, Erlina, dkk. 2020. Pneumonia Covid-19 Diagnosis dan Penatalaksanaan di Indonesia. Perhimpunan Dokter Paru Indonesia. 978-623-92964-0-7

Corey, G. (2011). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy, Ninth Edition. USA: Brooks/Cole.

Ekman, P., Friesen, W. V., O'sullivan, M., Chan, A., Diacoyanni-Tarlatzis, I., Heider, K., & Scherer, K. (1987). Universals and Cultural Differences in the Judgments of Facial Expressions of Emotion. Journal of Personality and Social Psychology, 53(4), 712-717

Fatmah. 2006. Respons Imunitas Yang Rendah Pada Tubuh Manusia Usia Lanjut, Jurnal Makara, Kesehatan, Vol. 10, No. 1, Juni 2006: 47-53

Frieda, N.H. (1993). Moods, Emotion Episodes and Emotions. New York: Guilford Press, hal. 381-403

Gazzaniga, M., Heatherton, T., & Halpern, D. (2016). Psychological Science (5th ed.). London: WW Norton & Company

Hurlock, Elizabeth. (1975). Developmental Psychology. New York: McGraw-Hill

Kolb, A. and Kolb D. A. (2001) Experiential Learning Theory Bibliography 1971-2001, Boston, Ma.: McBer and Co

Liputan 6.com. https://www.liputan6.com/global/read/4216978/studi-ungkap-orangtua-dan-anak-sering-konflik-selama-pandemi-corona-covid-19. Diakses tanggal 9 April 2020

Munasir, Zakiudin. 2001. Respons Imun Terhadap Infeksi Bakteri. Jurnal Sari Pediatri, Vol. 2, No. 4, Maret 2001: 193 – 197

Wikipedia. https://id.wikipedia.org/wiki/Orang_tua. Diakses tanggal 12 April 2020




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i1.3074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.