PERILAKU ALTRUISTIK GURU DALAM MENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI KOTA BANDA ACEH

Fajriani Fajriani, Syaiful Bahri, Ayu Mauliza

Abstract


Perilaku altruistik merupakan tindakan sukarela yang dilakukan oleh individu demi menolong orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkatan perilaku altruistik guru (Guru Mata Pelajaran dan Guru Pembimbing) dalam mendidik anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar Inklusi Kota Banda Aceh, serta perbedaan perilaku altruistik dari kedua kelompok guru tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode komparatif. Subjek penelitian adalah 34 orang guru mata pelajaran dan 34 orang guru pembimbing. Pengumpulan data menggunakan skala altruistik dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan 88,2% guru mata pelajaran di SDN Inklusi Kota Banda mempunyai perilaku altruistik kategori tinggi dengan nilai mean = 142,15, sedangkan 44,1% guru pembimbing di SDN Inklusi Kota Banda Aceh mempunyai perilaku altruistik yang sangat tinggi dengan nilai mean = 150,9. Hasil uji-t menunjukkan nilai t hitung 3,506 (t tabel 1,996 sig. 0.001). Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan antara perilaku altruistik guru mata pelajaran dan guru pembimbing dalam mendidik anak berkebutuhan khusus di Sekolah Dasar Inklusi Kota Banda Aceh. Peneliti selanjutnya disarankan untuk melibatkan variabel lain dan pendekatan penelitian yang berbeda, seperti kecedasan emosi, simpati dan juga dapat memperdalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih mendalam.


Full Text:

PDF

References


Agustin, I. (2016). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Sumbersari 1 Kota Malang. Edication and Human Development Journal, 01(01).

Cahayaningrum, R. K. (2012). Tinjauan Psikologis Kesiapan Guru dalam Menangani Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Pada Program Inklusi (Studi Deskriptif di SD dan Smp Sekolah Alam AR-Ridho. Educational Psychology Journal, 1(2252-634X), 1–10.

Desmita, (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung. PT Remaja Rosda karya.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Psikosain.

Indriawati, P. (2013). Implementasi Kebijakan Tugas Guru Pembimbing Khusus pada Pendidikan Inklusif di SD Negeri se-Kecamatan Junrejo Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 1(1).

Kadir, A. (2015). Penyelenggaraan Sekolah Inklusi di Indnesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 03, 2–22.

Kamilah, Cahaya; Erlyani, N (2017). Gambaran Altruisme Anggota Komunitas 1000 Guru Kalimantan Selatan. Jurnal Ecopsy, 4(1), 33-40.

Leontopoulou, S (2010). An Exploratory Study Of Altruism in Greek Children: Relations With Empathy, Resilience and Classroom Climate. Psychology, 1(05), 377.

Laila, K. N., & Asmarany, A. I. (2015). Altruisme pada Relawan Perempuan yang Mengajar Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Anak Jalanan Bina Insan Mandiri. Jurnal Psikologi, 8(1), 1-7.

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ’Ulum Jombang. Religi : Jurnal Studi Islam, 5(1978-306X), 201–228.

Myears, G. David., (2012). Psikologi Sosial, Salemba Humanika, Jakarta.

Nashori, F. (2008). Psikologi Sosial Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.

Prasetyo Novian Fajar (2014). Altruisme dalam perspektif islam pada karyawan Perpustakaan “x” (Skripsi). Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah surakarta

Rani, S. D. & S. A. (2019). Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus. PSYCHOPOLYTAN (Jurnal Psikologi), 3(1), 49–56.

Riduan R, Mudjito, Elfindri, Harizal. (2014). Pendidikan Layanan Khusus: Model-Model dan Implementasi. Jakarta: Baduose Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitaif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung: Bandung.

Salmiati, (2011). Pengaruh Konsep Diri Guru Terhadap Perilaku Membantu Kepada Siswa (Suatu Penelitian Pada Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Taufik. (2012) Empati Pendekatan Psikologi Sosial, (Raja Grasindo Persada, Jakarta).

UUD No 20 Tahun (2003). Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.3100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.