BERPIKIR KRITIS DALAM KAJIAN PENDEKATAN BIMBINGAN DAN KONSELING

Randi Saputra, M. Edi Kurnanto, Hesty Nurrahmi, Nanda Alfan Kurniawan

Abstract


Peradaban dimasa disrupsi telah memberikan sumber infromasi pengetahuan baru bagi peserta didik. Kemudahan akses informasi dengan dukungan peangkat canggih berbasis online membuka peluang bagi setiap peserta didik dalam mengembangkan potensi pribadi, sosial, belajar dan karier dalam kehidupan melalui sumber informasi pengetahuan. Pemanfaatan sumber informasi pengetahuan yang tepat mampu mendorong aktualisasi individu dalam berbagai aspek kehidupan di lingkungan sosial. Aktualiasi individu berkaitan dengan kondisi mental yang dimiliki. Berpikir merupakan salah satu dimensi mental yang berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam mengelola sumber informasi pengetahuan. Proses mental menjadi salah satu bagian dari kajian bimbingan dan konseling. Layanan bimbingan dan konseling memiliki peran strategis untuk memfasilitasi peserta didik dalam mencapai perkembangan aspek pribadi, sosial, belajar dan karir yang optimal dengan mempertimbangkan potensi dimensi mental termasuk berpikir. Berpikir memiliki tiga kategori yakni berpikir kritis, berpikir kreatif dan berpikir logis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai peran bimbingan dan konseling dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mengelola dan memanfaatkan sumber pengetahuan. Metode penelitian yang di gunakan adalah studi pustaka (library research). Sumber data berupa buku-buku dan artikel penelitian terdahulu yang relevan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data menggunakan alanilis isi (content analys). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan dan konseling memilki peran strategis untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik dalam mencapai aktualisasi diri

Full Text:

PDF

References


Adesoji, F. A. (2018). Bloom taxonomy of educational objectives and the modification of cognitive levels. Advances in Social Sciences Research Journal, 5(5).

Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing critical thinking skills from dispositions to abilities: mathematics education from early childhood to high school. Creative Education, 6(04), 455.

Atkins, M. S., Hoagwood, K. E., Kutash, K., & Seidman, E. (2010). Toward the integration of education and mental health in schools. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 37(1–2), 40–47.

Camerer, C. F., Ho, T.-H., & Chong, J. K. (2015). A psychological approach to strategic thinking in games. Current Opinion in Behavioral Sciences, 3, 157–162.

Egbo, A. C. (2013). The Role of Guidance and Counselling in Effective Teaching and Learning in Schools: The Nigerian Perspective. The European Conference on Education, Official Conference Proceeding, 392.

Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational Leadership, 43(2), 44–48.

Ennis, R. H. (2018). Critical thinking across the curriculum: A vision. Topoi, 37(1), 165–184.

Hakim, A. (2015). Contribution of competence teacher (pedagogical, personality, professional competence and social) on the performance of learning. The International Journal of Engineering and Science, 4(2), 1–12.

Halpern-Manners, A., Schnabel, L., Hernandez, E. M., Silberg, J. L., & Eaves, L. J. (2016). The relationship between education and mental health: New evidence from a discordant twin study. Social Forces, 95(1), 107–131.

Hidayah, N. (2015). Mengasah Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Makalah Dalam Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Di Surabaya, Kerjasama Pengurus Daerah ABKIN [Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia] Jawa Timur Dan Universitas PGRI [Persatuan Guru Republik Indonesia] Adibuana Surabaya.

Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Miarsyah, M., Ali, A., Arif, W. P., & Prayitno, T. A. (2019). HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning. European Journal of Educational Research, 8(4), 935–942.

Kibe, S., & Thinguri, R. (2017). Critical analysis of the impact of environmental dynamics on acquisition of intellectual skills on early childhood development children in Kenya. European Journal of Education Studies.

Lai, E. R. (2011). Critical thinking: A literature review. Pearson’s Research Reports, 6, 40–41.

Mortensen, D. G., & Schmuller, A. M. (1959). Guidance in today’s schools.

Nkechi, E. E., Ewomaoghene, E. E., & Egenti, N. (2016). The Role of Guidance and Counselling in Effective Teaching and Learning Schools. RAY: International Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 36–48.

Nofrion, N., & Wijayanto, B. (2018). Learning Activities In Higher Order Thinking Skill (HOTS) Oriented Learning Context. Geosfera Indonesia, 3(2), 122–130.

Permendikbud. (2014). 111 Tahun 2014. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Permendiknas. (2008). Permendiknas No. 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Depdiknas.

Sari, D., Rejekiningsih, T., & Muchtarom, M. (2020). Students’ Digital Ethics Profile in the Era of Disruption: An Overview from the Internet Use at Risk in Surakarta City, Indonesia.

Solbrekke, T. D., Englund, T., Karseth, B., & Beck, E. E. (2016). Educating for professional responsibility: From critical thinking to deliberative communication, or why critical thinking is not enough. In Educating the Deliberate Professional (pp. 29–44). Springer.

Su, M. R., & Shum, K. K. (2019). The moderating effect of mindfulness on the mediated relation between critical thinking and psychological distress via cognitive distortions among adolescents. Frontiers in Psychology, 10, 1455.

Suarniati, N. W., Hidayah, N., & Handarini, M. D. (2018). The development of learning tools to improve students’ critical thinking skills in vocational high school. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 175(1), 12095.

UU RI. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Zhang, H. (2018). Analysis on the Cultivation Path of Contemporary College Students’ Ecological Civilization Education. 2018 2nd International Conference on Economic Development and Education Management (ICEDEM 2018).




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.3106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.