STUDI KEPUSTAKAAN TEKNIK MODELING UNTUK ACADEMIC EFFICACY PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH

Ovilia Risma Safitri, Najlatun Naqiyah

Abstract


Dalam pelaksanaan proses pendidikan tidak menutup kemungkinan jika terjadi sebuah kegagalan. Kegagalan yang terjadi tidak hanya disebabkan oleh kurangnya kemampuan intelektual tetapi dipicu oleh berbagai faktor yang lain. Faktor yang mempengaruhi salah satunya academic efficacy. Namun kenyataan menunjukkan adanya peserta didik dimana mempunyai academic efficacy tingkat bawah. Dengan begitu perlu adanya langkah perbaikan untuk mengoptimalkan academic efficacy yang melekat didalam diri peserta didik melewati adanya penerapan layanan konseling melalui teknik modeling. Penelitian kali ini memiliki tujuan sebagai sarana untuk mendeskripsikan bahwa teknik modeling bisa diterapkan untuk memaksimalkan academic efficacy didalam diri peserta didik. Dalam penelitian ini mengimplementasikan jenis penelitian studi kepustakaan yang bersumber data sebanyak 12 jurnal dengan pengumpulan data secara dokumentasi. Analisis data yang dipergunakan pada penelitian kali ini merupakan teknik analisis isi. Hasil kajian yang merujuk pada sumber jurnal mengemukakan mengenai empat poin yaitu 1) Tingkat academic efficacy peserta didik; 2) Sasaran penggunaan teknik modeling untuk academic efficacy; 3) Keberhasilan penggunaan teknik modeling untuk academic efficacy; 4) Bentuk-bentuk teknik modeling yang digunakan untuk academic efficacy.

Full Text:

PDF

References


Anggara, F., Yusuf, A. M., & Marjohan, M. (2016). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Modeling dalam Meningkatkan Efikasi Diri Siswa dalam Menghadapi Ujian. Konselor, 5(1), 42.

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chairunnisya. (2019). Modelling Dalam Meningkatkan Efikasi Diri Peserta Didik Kelas XI.

Gazali, F. E. (2018). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Self Efficacy Akademik Siswa Kelas XI SMA Kolese Gonzaga. Universitas Negeri Jakarta.

Inayah, N. (2018). Efforts To Improve Self Efficacy With Symbolic. Pelayanan, Jurnal Dan, Bimbingan Studi, Program Dan, Bimbingan Universitas, Fkip Mangkurat, Lambung, 1–6.

Indrawati, N. P. V., Suarni, N. K., & Ujianti, P. R. (2016). Implementasi Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok B1. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2).

Laili, L. N. (2015). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Menggunakan Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Simbolik. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Marsela, I., Rosra, M., & Andriyanto, R. E. (2020). Peningkatan Efikasi Diri melalui Konseling Kelompok Teknik Modeling pada Siswa SMP The Improvement of Self-Efficacy Through Group Counseling Modeling Techniques at Student of Junior High School.

Nazir, M. (2005). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Novariandhini, D. A., & Latifah, M. (2012). Harga Diri, Efikasi Diri, Motivasi Belaar, dan Berprestasi Akademik Siswa Sma Pada Berbagai Model Pembelajaran. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 5(2), 138–146.

Nursalim, M. (2013). Strategi dan intervensi konseling. Akademia Permata.

Ragil, E., Ariyanto, R. D., Ratnawati, V., Ningsih, R., & Valdino, D. R. (2019). Keefektifan Teknik Modeling Berbasis Sinema Edukasi untuk Meningkatkan Efikasi Diri Akademik Siswa SMP. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(1), 50–59.

Sadewi, A. I., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 1(2).

Sari, M. N., & Noviandari, H. (2018). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 6 Rogojampi. Prosiding Seminar Nasional.

Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta, 22.

Schunk, D. H., & Pajares, F. (2002). The development of academic self-efficacy. In Development of achievement motivation (pp. 15–31). Elsevier.

Setiawan, A., M, R., & Indawasih, N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Efikasi Diri Siswa. ANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education Volume 2 Nomor 1 Maret 2019 e-ISSN: 2615-6598, 2(024).

Sharma, H. L., & Nasa, G. (2014). Academic self-efficacy: A reliable predictor of educational performances. British Journal of Education, 2(3), 57–64.

Sintadewi, N., Suarni, M., & Putri, S. (2013). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Jurusan Bimbingan Dan Konseling Undiksha, 2(1).

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prenadamedia Group.

Tunna Imah, M., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Penerapan Konseling Neuro Linguistic Programming (NLP) dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal BK UNESA, 8(2).

Turgut, M. (2013). Academic Self-Efficacy Beliefs of Undergraduate Mathematics Education Students. Acta Didactica Napocensia, 6(1), 33–40.

Wahyuni, S. F., & Dahlia, D. (2020). Hubungan antara Efikasi Diri Akademik dengan Prestasi Akademik pada Siswa SMA di Banda Aceh. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 3(2), 80–100.

Wijaya, R. S., Kurniawan, U. T., & Irmayana, R. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Simbolis untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa IX SMP Negeri 3 Baubau. Psychocentrum Review, 2(1), 22–36.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (3rd ed.). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i1.3136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.