PERBEDAAN PERSEPSI TERHADAP PELECEHAN SEKSUAL DI SMA AL-MUQODDASAH

Ika Safitri, Ari Khusumadewi

Abstract


Pelecehan seksual sudah bukan masalah baru bagi masyarakat,fenomena pelecehan seksual masih terjadi sampai saat ini dan terjadi di berbagai tempat tak terkecuali dalam lingkup pendidikan,terutama pendidikan keagamaan atau pondok pesantren.Dalam pondok pesantren motif pelecehan seksual didasarkan oleh ajaran agama,hal ini dapat terjadi karena cara pandang seseorang terhadap pelecehan seksual sangat berbeda satu sama lain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan persepsi santri terhadap pelecehan seksual yang ada di SMA Al-Muqoddasah dari segi jenis kelamin dan usia. Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal komparatif. Variabel yang akan diteliti persepsi sebagai variabel X dan pelecehan seksual sebagai variabel Y.Populasi penelitian adalah santri di SMA Al-Muqoddasah Ponorogo dari kelas 10 hingga kelas 12 yang berjumlah 138 orang, maka dari itu peneliti mengambil keseluruhan jumlah populasi sebagai sampel penelitian.Teknik pengumpulan data menggunakan skala persepsi sexual harassment. Analisis data menggunakan statistik parametris yaitu Independent Sample T-Test.Hasil penelitian diperoleh nilai Sig.(2-tailed) untuk jenis kelamin adalah 0,000 ,dengan a = 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan 0,000 < 0,05 ,yang artinya terdapat perbedaan persepsi peserta didik terhadap pelecehan seksual dari segi jenis kelamin. Sedangkan hasil penelitian untuk usia adalah nilai Sig. (2-tailed) 0,067 ,dengan a = 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan 0,067 > 0,05 ,yang artinya tidak terdapat perbedaan persepsi terhadap pelecehan seksual dari segi usia.

Full Text:

PDF

References


Adams, E. A., Darj, E., Wijewardene, K., & Infanti, J. J. (2019). Perceptions on the sexual harassment of female nurses in a state hospital in Sri Lanka: a qualitative study. Global Health Action, 12(1), 1560587.

Aden Apandi, A. (2019). Analisis Pengukuran Kinerja Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Dengan Menggunakan Balanced Scorecard. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Banerjee, A., & Sharma, B. (2011). Gender differences in perception of workplace sexual harassment among future professionals. Industrial Psychiatry Journal, 20(1), 21.

Chester, C. E., & Sigal, J. A. (2016). Sexual harassment. The Curated Reference Collection in Neuroscience and Biobehavioral Psychology. Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-809324-5.21953-6

Colarelli, S. M., & Haaland, S. (2002). Perceptions of sexual harassment: An evolutionary perspective. Psychology, Evolution & Gender, 4(3), 243–264.

Collier, R. (1998). Masculinities, crime and criminology. Sage.

Davis, J. L. (2000). The influence of biological sex, age, work history and training on perceptions of sexual harassment: a thesis...

Dewi, S. K., & Diplan, D. (2018). Persepsi Tentang Mata Pelajaran IPS Bagi Peserta Didik Berprestasi Rendah (Kasus pada Kelas VII di SMP Muhammadiyah Palangka Raya). Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1), 45–49.

Espelage, D. L., Hong, J. S., Rinehart, S., & Doshi, N. (2016). Understanding types, locations, & perpetrators of peer-to-peer sexual harassment in US middle schools: A focus on sex, racial, and grade differences. Children and Youth Services Review, 71, 174–183.

Hasrul; Saputra; Ammamiarihta; Handayani. (2019). Konseling Religius Berbasis Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Meningkatkan Kesadaran Spiritual Keagamaan Siswa SMA. Jurnal KOPASTA, 6(2), 80–90.

Hilman, L., & Khusumadewi, A. (2019). Studi Kasus Tentang Kesadaran Gender Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Sumberrejo Kab. Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 10(2).

Ina, M. (2012). Persepsi Siswa Terhadap Implementasi Sistem Manajemen Mutu ISO 9001: 2008 Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurnianingsih, S. (2003). Pelecehan Seksual terhadap Perempuan di Tempat Kerja. Buletin Psikologi, 11(2).

Malede, T. (2019). Students Perception For Sexual Harassment And Gender Differentials:The Case Of Fitawurari Abayineh Secondary And Preparatory School, Addis Ababa.

Maryani, I., & Martaningsih, S. T. (2017). Primary school teachers’ perception about curriculum 2013 assessment system. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 153–164.

Ohse, D. M., & Stockdale, M. S. (2008). Age comparisons in workplace sexual harassment perceptions. Sex Roles, 59(3–4), 240–253.

Oni, H., & Tshitangano, T. (2019). Sexual harassment and victimization of students: a case study of a higher education institution in South Africa. African Health Sciences, 19(1), 1478–1485.

Prescasari, W. (2017). Sexual Harassment Pada Karyawan. University of Muhammadiyah Malang.

Qoiriani, A. (2018). Pelecehan Seksual Di Masyarakat Indonesia.

Randall, P. (2003). Adult bullying: Perpetrators and victims. Routledge.

Rusyidi, B., Bintari, A., & Wibowo, H. (2019). Pengalaman Dan Pengetahuan Tentang Pelecehan Seksual: Studi Awal Di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi (Experience And Knowledge On Sexual Harassment: A Preliminary Study Among Indonesian University Students). Share: Social Work Journal, 9(1), 75–85.

Shute, R., Owens, L., & Slee, P. (2008). Everyday victimization of adolescent girls by boys: Sexual harassment, bullying or aggression? Sex Roles, 58(7–8), 477–489.

Siregar, R. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Guru Pembimbing Dalam Tahap-Tahap Pelaksanaan Layanan Konseling Perorangan Di MTs Dharma Wanita Kota Jambi. Bimbingan Dan Konseling.

Sitasari, N. W. (2017). Persepsi Tentang Perilaku Bullying Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 15(2).

Toda, H. (2019). Persepsi Masyarakat Terhadap Kebijakan Pemerintah Kota Kupang Dalam Mengelola Pariwisata Laut. Jurnal Administrasi Publik, 16(1), 35–50.

Tunjungsari, K. R. (2018). Karakteristik dan persepsi wisatawan mancanegara di kawasan Sanur dan Canggu, Bali. Jurnal Pariwisata Terapan, 2(2), 108–121.

Wibisono, Y. (2013). Konsep Kesetaraan Gender dalam Perspektif Islam. Al-Mabsut: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 6(1), 97–112.

Wulandari, Y., Suyatmi, T., & Fujiastuti, A. (2017). Persepsi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Di Kota Yogyakarta Terhadap Kesusasteraan Indonesia Modern. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 1(2), 9–16.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i2.3198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.