Hubungan Antara Efikasi Diri dan Konsep Diri dengan Perencanaan Karier Siswa di MA Bilingual Sidoarjo

Nur Habibullah, Najlatun Naqiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri dan konsepadiri dengan perencanaan karier siswa di Madrasah Aliyah Bilingual Sidoarjo. Pendekatan kuantitatif yang digunakan korelasional. Populasi 213 dengan teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Peneliti mengambil 50% dari jumlah populasi sejumlah 104 Siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik uji korelasi pearson dan uji Regresi linier berganda. Hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan efikasi diri dan konsep diri dengan perencanaan karier ditunjukkan dengan Nilai f hitung efikasi Diri dan konsep diri dengan perencanaan karier secara stimultan sebesar 3,205 > 3,09 (f tabel) yang memiliki arti bahwa “Ada Hubungan signifikan Konsep Diri dan Efikasi Diri secara stimultan (bersama-sama) dengan Perencanaan Karier siswa”. Maka jika Konsep diri dan Efikasi diri siswa tinggi maka siswa dapat merencanakan karir dengan baik. Peneliti merekomendasikan kepada guru bk sekolah untuk diberikan layanan dasar dan layanan perencanaan individual agar siswa berhasil merencanankan kariernya dengan baik. Program layanan BK yang dapat diberikan kepada siswa hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan peningkatan efikasi diri dan konsep diri untuk menunjang keberhasilan karier siswa.

Full Text:

PDF

References


ABKIN, Kemdikbud. Panduan Operasional Penyelenggaran Bimbingan dan Konseling.

Acocella, Joan Ross, & Calhoun, JF. (1990). Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (Alih Bahasa, Satmoko, RS): Semarang: IKIP press.

Ahmed, Parveen. (2017). Career Planning: Bangladesh Perspective. Management, 31(1).

Arikunto, Suharsimi. (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Bandura, Albert. (1992). Self-efficacy mechanism in psychobiologic functioning. Self-efficacy: Thought control of action, 2.

Berlianti, Della, Harlina, Harlina, & Hakim, Imron Abdul. (2018). Hambatan-hambatan yang Mempengaruhi Perencanaan Pemilihan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri 11 Palembang. Sriwijaya University.

Budiningsih, Tri Esti. (2020). Perlukah Perencanaan Karier pada Siswa SMA? Studi Korelasi Konsep Diri dan Perencanaan Karier Siswa SMA Negeri 1 Sulang. Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(3), 245-252.

Fatmalasari, Sella Dwi. (2017). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kematangan Karier Siswa Kelas XII di SMA Negeri 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Semarang.

Garcia, Patrick Raymund James M, Restubog, Simon Lloyd D, Bordia, Prashant, Bordia, Sarbari, & Roxas, Rachel Edita O. (2015). Career optimism: The roles of contextual support and career decision-making self-efficacy. Journal of Vocational Behavior, 88, 10-18.

Heine, Bernd, & Song, Kyung-An. (2011). On the grammaticalization of personal pronouns. Journal of Linguistics, 47(3), 587-630.

Hurlock, Elizabeth B. (2010). Developmental psychology: an approach throughout the life span. Jakarta: Erlangga.

Kumara, Agus Ria, & Lutfiyani, Vivi. (2017). Strategi Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Dalam Perencanaan Karir Siswa SMP. G-COUNS Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Kuswanto, Dedy. (2012). Statistik untuk pemula dan orang awam. Jakarta: Laskar Aksara.

Laksmana, Wisnu Kusuma Hari. (2018). Pengembangan Media Aplikasi Perencanaan Karier Berbasis Android untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 8(3).

Naqiyah, Najlatun; Hariastuti, Retno Tri; Islamiyah, Luluk Dina. (2018). Relationship Between Self-Concept and Socioeconomic Status with Student Career Planning in Vocational School. Paper presented at the 2nd International Conference on Education Innovation (ICEI 2018).

Ogutu, Joel Peter, Odera, Peter, & Maragia, Samuel N. (2017). Self-Efficacy as a Predictor of Career Decision Making among Secondary School Students in Busia County, Kenya. Journal of Education and Practice, 8(11), 20-29.

Rantheza Fadhila, Nida , & Indah Pratiwi, Titin. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Konsep Diri dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 59 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 11(3).

Saputro, Khamim Zarkasih. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Sari, Nindya riana; Agustiana, Rida; L.Girsang, Andry Poltak; Annisa, Linda; Dewi, Freshy Windy Rosmala; Sulistyowati, Nindya Putri; Wilson, Hendrik. (2020). Statistik Pemuda Indonesia (2020-12-21 ed.): Badan Pusat Statistik.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan) (3rd ed). (3 ed.). Bandung: Alfabeta.

Super, Donald E, Savickas, Mark L, & Super, Charles M. (1996). The life-span, life-space approach to careers. Career choice and development, 3, 121-178.

Winkel, WS, & Hastuti, MM Sri. (2005). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan: Media Abadi.

Zen, M. (2019). Faktor-Faktor Dominan Yang Mepengaruhi Dalam Perencanaan Arah Karir. Doctoral Disertasi,Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i2.3309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.