Pengembangan Daftar Cek Masalah Berbasis Aplikasi Web

Muskarno Muskarno, Tamama Rofiqah, Ahmad Yanizon, Ramdani Ramdani

Abstract


Pengembangan Daftar Cek Masalah (DCM) berbasis aplikasi web bertujuan untuk mengatasi  keterbatasan dan kendala pengembangan aplikasi instrumentasi Daftar Cek Masalah berbasis system computer. Desain dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Hall (2003). Penyusaian dan pembatasan dalam penelitian ini menggunakan 3dari 5 tahap utama yaitu (1) studi pendahuluan ; analisa kebutuhan dan kajian literatur, (2) Pengembangan produk, (3) uji validitas ahli dan calon pengguna yang kemudian dilakukan revisi tahap 1 dan 2. Teknik analisa data penelitian mengunakan deskriptif dan kuantatif melalui skala akseptabilitas yang kemudian data nya dianalisis melalui interreter agreement produk. Hasil uji validitas pada dua ahli konten dan dua ahli teknologi diperoleh skor dengan hasil indeks 0.93 dan 0.76 menunjukan interpretasi katagori validitas konten sangat tinggi untuk ahli konten dan validitas tinggi untuk  ahli media. Sedangkan hasil uji validitas calon pengguna yaitu 2 guru BK dan 2 siswa diperoleh skor dengan hasil indeks 0.80 dan 0.86 yang mana jika skor perolehan berada pada 0.80 < rxy ≤ 1.00, maka validitas produk sangat tinggi. Sehinga secara umum Aplikasi Daftar Cek Masalah ( DCM) berbasis web dapat mengatasi keterbatasan dan kendala pada pengembangan yang sebelum dan layak digunakan dalam kegiatan asessmen.


Full Text:

PDF

References


Borg, W.R & Gall, M.D. 2003. Educational Reseachan Introduction. New York : Longman. Third edition.

Istirahayu, I., & Mayasari, D. (2017). Identifikasi tingkat perkembangan remaja siswa SMA di kota Singkawang pada aspek landasan hidup religius. Seminar & Workshop Nasional Bimbingan Dan Konseling : Jambore Konseling 3, 93–97.

Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih. (2018). Asesmen Teknik Nontes dalam Perspektif BK Komprehensif. Indeks.

Mastur. (2009). Need Assesment Melalui Aplikasi Instrumentasi DCM (Daftar Cek Masalah) dengan Sistem Komputer.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014. (2014). Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Prilintia, U., & Anni, C. T. (2016). STUDI DESKRIPTIF PENGGUNAAN SOFTWARE IKMS® DALAM PERENCANAAN MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(2), 1–7.

Saman, A., Umar, N. F., & Bakhtiar, M. I. (2020). Asesmen Online Bagi Guru Bimbingan Dan Konseling Kabupaten Barru. Seminar Nasional Hasil Pengambdian Kepada Masyarakat, 29–35.

Samarwiyah, & Zamroni, E. (2020). Pemanfaatan Tekonologi Informasi (TI) Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor Dalam Melayani Siswa. Prodi Bimbingan Konseling FKIP Uniska Muhammad Arsyad Al-Banjari, 2(1), 1–14.

Saradewi, M. P., & Anni, C. T. (2016). STUDI EVALUATIF SOFTWARE DCM® UNTUK KEEFEKTIFAN NEED ASESSMENT PENYUSUNAN PROGRAM. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1).

Simarmata, J., Abi, M., Charmida, D., Simanihuruk, L., Safitri, M., Napitupulu, D., Iqbal, M., & Salim, N. A. (2020). Pendidikan DI Era 4.0: Tuntutan, Kompetensi & Tantangan. Yayasan Kita Menulis.

Sundari, S., & Satrio, B. . (2014). GUIDANCE AND COUNSELING TEACHER TENURE OF APPLICATIONS INSTRUMENTATION AT SMP OF METRO CITY. Journal of Guidance and Counseling, 4(1).

Widyastuti, A., Mawati, A. T., Yuniwati, I., Simarmata, J., Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Gandasari, D., Inayah, A. N., & Limbong, T. (2020). Pengantar Teknologi Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i2.3466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.