PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) BERBASIS HYPERMEDIA DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN KELUARGA PADA GENERASI MUDA DI MASA PANDEMI COVID-19

Wahyu Permana, Meri Enita Puspita Sari

Abstract


Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis Hypermedia merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran maupun sosialisasi, apalagi dalam situasi pandemic covid-19 saat ini. Namun, banyak kendala dan hambatan dalam pemanfaatan TIK di saat implementasi program, maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk menganalisis bagaimana pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dalam Program Pembangunan Keluarga Bkkbn Pada Generasi Muda Di Masa Pandemi Covid-19. Metodelogi dalam kajian ini adalah deskriptif kualitatif dan studi kepustakaan. Hasil dari kajian ini adalah pelaksanaan program tahun 2020 sudah cukup memuaskan, namun terdapat kendala dalam implementasi program antara lain karena kurangnya akses informasi serta KIE yang belum memadai sesuai segmentasi di kabupaten/ kota, kendala geografis yang merupakan daerah kepulauan yang membuat masalah jaringan internat dan fasilitas yang minim dan adanya Pandemi COVID-19 secara global, menimbulkan dampak seperti halnya terbatasnya pendanaan yang disebabkan karena adanya refocussing anggaran hingga tertundanya pelaksanaan kegiatan strategis. Namun hal ini dapat semakin memacu kreativitas pengelola program memunculkan terobosan-terobosan/inovasi yang baru dalam pelaksanaan Program dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi dengan maksimal. Sebagai salah satu adaptasi terhadap kendala ini dilakukan perubahan metoda pelaksanaan kegiatan dengan memanfaatkan teknologi secara daring/virtual/online.

Full Text:

PDF

References


Bambang, W. (2018). Teknologi pembelajaran : landasan dan aplikasinya. Jakarta. Rineka

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, (8), 75-83

Burhani, R. (2010). BKKBN taretkan layanan berbasis TIK pada 2011. https://www.antaranews.com/berita/239858/bkkbn-targetkan-layanan-berbasis-tik-pada-2011. 29 Desember 2011.

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dimasa Pandemic Covid 19. Tematik. Jurnal teknologi informasi dan komunikasi. (7) 38-50.

Lakip Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2019

Lakip Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020

Munir, 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.Bandung : CV ALFABETA.

Prasojo, L, D & Riyanto. (2011). Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Pembangunan Keluarga Untuk Ciptakan Ketahanan Keluarga. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana. https://dp3appkb.kalteng.go.id/artikel/pembangunan-keluarga-untuk-ciptakan-ketahanan-keluarga.html. 30 November 2020.

Pinilas, R. Gosal, R., Kasenda,V. (2017). Partisipasi Generasi Muda Dalam Pelaksanaan Pembangunan (Studi Kasus di Desa Damau Kecamatan Damau Kabupaten Talaud) Eksekutif : Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan . (2) 1-10.

Renstra Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020-2024

Supriyadi. Mengarusutamkan Pemabangunan Keluarga. BKKBN. https://www.bkkbn.go.id/detailpost/mengarusutamakan-pembangunan-keluarga. 08 juli 2019.

Uno, B, H & Nina, L. (2010). Teknologi Komunikasi dan Informasi. Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v8i2.3562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.