HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA

Yansen Alberth Reba, Fira Marcelina

Abstract


Pandemi wabah virus covid-19 di indonesia yang membuat banyak perubahan besar di berbagai sektor, salah satunya dalam dunia pendidikan. Beberapa siswa-siswi kelas XI IPA SMA Negeri 2 Skanto Kabupaten Keerom ditemukan adanya kesenjangan misalnya hasil belajar yang menurun. Selain itu pada pembelajaran berbasis online ini siswa merasa stress, bosan karena proses pembelajaran oleh guru masih terkesan padat.  Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk menganalisis hubungan antara pembelajaran berbasis online dengan  hasil belajar, 2) untuk menganalisis hubungan antara dukungan orang tua hasil belajar, 3) untuk menganalisis hubungan antara pembelajaran berbasis online dan dukungan orang tua dengan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional secara kuantitatif. Populasi pada riset ini yaitu keseluruhan siswa kelas XI IPA 1 dan 2 di SMA Negeri 2 Skanto Kabupaten Keerom yang berjumlah 70 orang. Teknik yang digunakan peneliti untuk mengambil sampel dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling dengan mengambil 70 orang sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini 1) adanya hubungan yang signifikan antara Pembelajaran berbasis online dengan Hasil belajar siswa, 2) adanya hubungan yang signifikan antara dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa, 3) adanya hubungan pembelajaran berbasis online dan dukungan orang tua dengan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Afriansyah, D., Dadi, S., & Hasnawati, H. (2014). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Dikelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu [PhD Thesis]. Universitas Bengkulu.

Agustine, C. K. (2018). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Sma Semen Gresik [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Baiti, A. A., & Munadi, S. (2014). Pengaruh pengalaman praktik, prestasi belajar dasar kejuruan dan dukungan orang tua terhadap kesiapan kerja siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(2).

Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator pembelajaran efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(1), 90–100.

Gunawan, I. (2013). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 143.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 3(2), 19–25.

KHairina, R. M., & Syafrina, A. (2017). Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA pada kelas V SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).

Khotimah, S. H., & Risan, R. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 48–55.

Mahnun, N. (2019). Optimalisasi Pengelolaan Dan Pembelajaran Berbasis Online Pada Lembaga Pendidikan Islam Dalam Mewujudkan World Class University. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 1(1), 29–36.

Murniatiningsih, E. (2017). Pengaruh literasi ekonomi siswa, hasil belajar ekonomi, dan teman sebaya terhadap perilaku konsumsi siswa SMP Negeri di Surabaya Barat. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(1), 127–156.

Nurjanah, E. (2018). Lingkungan Sekolah Dengan Prestasi Belajar. Journal of Holistic and Traditional Medicine, 2(04), 197–202.

Riduwan, S. (2012). Pengantar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sagita, M., & Nisa, K. (2019). Pemanfaatan e-Learning bagi para pendidik di era digital 4.0. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(2), 35–41.

Sakshi, M. S., & Dhull, I. (2017). Education And Sustainable Development. Editorial Board, 6(9), 167.

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif: Dilengkapi dengan perhitungan manual & SPSS.

Sodik, A., & Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Cetakan Satu. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Soekartawi, S. (2006). Blended e-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Solina, W. (2017). Persepsi Orangtua tentang Pendidikan. Konselor, 6(3), 91–95.

Tarigan, I. J. (2017). Peran Badan Narkotika Nasional dengan Organisasi Sosial Kemasyarakatan dalam Penanganan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika. Deepublish.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 terhadap kegiatan pembelajaran online di sebuah perguruan tinggi kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8.

Yuniarwati, C. T. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Pada Siswa Kelas Xi A¬ Ph 1 Smk Ni Cepu Semester Gasal Tahun 2017/2018. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).

Yustika, G. P., Subagyo, A., & Iswati, S. (2019). Masalah yang dihadapi dunia pendidikan dengan tutorial online: Sebuah short review. Tadbir J. Stud. Manaj. Pendidik, 3(2), 187.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i1.3569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.