PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DALAM UPAYA PEMULIHAN EKS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA

Sutya Dewi, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang memberikan dampak yang besar terhadap kondisi fisik dan mental penyalahgunanya. Menyadari akan bahaya dari penyalahguna narkotika, terdapat beberapa penyalahguna narkotika yang dengan inisiatif pribadi mengikuti rehabilitasi untuk mengatasi kecanduannya terhadap obat-obatan terlarang. Proses rehabilitasi tersebut dilalui dengan pendekatan fisik melalui detoksifikasi dan secara psikis dilakukan melalui konseling. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam proses konseling rehabilitasi yakni pendekatan cognitive behavior therapy.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang layanan konseling dengan pendekatan cognitive behavior therapy (CBT) dalam rehabilitasi bagi eks penyalahguna narkotika. Jenis dari penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu klien yang berada dalam fase pemulihan psikis di lembaga rehabilitasi Rumoh Geutanyo Aceh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling rehabilitasi dilakukan dalam 4 sesi yakni pengenalan dan eksplorasi masalah, pendalaman dan pengubahan pikiran irasional klien, penyusunan. Adapun proses cognitive behavior therapy dilakukan dengan membuat program re-entry melalui jadwal kegiatan harian klien sebagai sarana untuk pengubahan perilaku yang diharapkan dan dapat beradaptasi dengan situasi yang baru.

Kata Kunci : Konseling, Cognitive Behavior Therapy, Penyalahguna Narkotika


Full Text:

PDF

References


Ad, Y. (2017). Pengaruh Konseling Cognitif Behavior Therapy (Cbt) dengan Teknik Self Control untuk Mengurangi Perilaku Agresif Peserta Didik Kelas VIII Di SMPN 9 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 Yahya AD, Egalia. 03(2), 133–146.

Aini, D. K. (2019). Penerapan Cognitive Behaviour Therapy dalam Mengembangkan Kepribadian Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 70-90.

Albi Anggito, johan S. (2018). Metedologi Penelitian Kualitatif. sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Amalia. (2017). Model Konseling Islami Dalam Proses Penanganan Kasus Nafza di Rumah Sakit Jiwa Aceh. Universitas Islan Negeri Ar-Raniry.

Andari, S. (2019). Pengetahuan Masyarakat Tentang Rehabilitasi Sosial Penyalahgunaan NAPZA Melalui Institusi Penerima Wajib Lapor di Surabaya. Sosio Konsepsia, 9(1), 1–16.

Dimas Adhie Pradana, Dinda Amelia, Fira Shavera, O. P. (2019). Sosialisasi Jenis Dan Bahaya Narkoba Bagi Kesehatan Pada Ikatan Pemuda Waru Rw 05 Pamulang Barat, Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, (September), 82(1), 1-8.

Dwitiyanti, D., Efendi, K., & Supandi, S. (2019). Penyuluhan Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotik, Psikotropika dan Zat Aditif Bagi Siswa Siswi SMA dan SMK Mutiara 17 Agustus. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 8(1), 40–43.

Eleanora, F. N. (2017). Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Serta Usaha Pencegahan Dan Penanggulangannya (Suatu Tinjauan Teoritis). Jurnal Hukum, 25(1), 439-452.

Juanda, A. M. (2021). Melalui Pemberdayaan Penyuluh Agama Islam. Strategi Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Melalui Penyuluh Agama Islam Di Sukabumi, 01(01), 16–30.

Nurdin, I. & Hartati, S. (2019). Metedologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Raida, S., Husen, M., & Martinus. (2018). Layanan Konseling Dalam Proses Rehabilitasi Narkoba Di Badan Narkotika Nasional (Bnn) Provinsi Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 3(4), 1–4.

Veronica, R. N., Langi, F. L. F. G., Joseph, W. B. S., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2018). Prevalensi dan Determinan Penggunaan Narkotika dan Obat-obatan di Kalangan Remaja Indonesia ; Analisis Data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia Tahun 2012. Jurnal Kesmas, 7(5), 1–10.

Willis, S. S. (2012). Remaja dan Masalahnya: Megupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Seperti Narkoba, Free sex, dan Pemecahannya. Bandung: Alfabeta.

Zulfatmi, Z., & Nurlaila, N. (2018). Model Pengawasan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Anak Kota Banda Aceh. Gender Equality: International Journal of …, 3(2), 1–18.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i1.3759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.