Efektifitas Layanan Informasi Terhadap Pemilihan Karir Dalam Melanjutkan Ke Jenjang SMA/SMK Di SMP N 54 BATAM.

Ratih Kumala Shinta, Sri Wahyuni Adiningtiyas

Abstract


Berdasarkan survey awal, pemberian layanan informasi terhadap siswa menjadi rujukan siswa memiliki pemahaman tentang karir yang terkesan masih rendah, diperkirakan karena rendahnya keinginan dan kemauan siswa terhadap sekolah lanjutan serta rendahnya informasi tentang bakat minat dalam pemilihan sekolah lanjutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap efektifitas layanan informasi terhadap pemilihan karir dalam melanjutkan pendidikan kejenjang SMA/SMK.

Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan The One Group Pretest-Posttest. Pemilihan subjek penelitian menggunakan cluster sampling dan yang terpilih menjadi sampel adalah kelas IX 1 dijadikan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen berjumlah 48 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Data analisis menggunakan Uji-T One Sample dengan program SPSS 20.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi efektifitas layanan informasi terhadap pemilihan karir yaitu motivasi, intelegensi, bakat dan minat siswa. Hal ini terlihat dari kelompok ekperimen pada pretest dan posttest dengan signifikannya 0.000 atau probabilitas dibawah alpha (0,000 < 0.05) yaitu dengan kenaikan skor pada subjek penelitian dari rata-rata skor 32,9% menjadi 35,78%. Berdasarkan temuan diatas dapat disimpulkan bahwa layanan informasi ini efektif dalam melanjutkan pemilihan karir kejenjang SMA/SMK. Penelitian ini menunjukkan pentingnya melaksanakan  layanan informasi di sekolah oleh guru BK.

 

Kata Kunci: Layanan Informasi, Pemilihan Karir

 

 


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2017). Psikologi Remaja. Bandung: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto, & Mohammad, F. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI Nomorn 20 Tahun 2003 tentang, Sistem Pendidikan Nasional.

Djaali. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fatmasari. (2019). Pemilihan Dan Pengembangan Karier Berdasarkan Minat, Bakat Dan Kepribadian Remaja Menggunakan Forward Chaining. Skripsi. Tidak Diterbitkan, Universitas Bina Darma, Palembang.

Haq, A. H. B., & Farida, R. (2019). Orientasi Karir Pada Siswa SMP: Pilihan Jurusan dan Gambaran Pekerjaan di Masa Depan. Skripsi, Universitas Mulawarman, Samarinda.

Khusna, et al. (2017). Profil kemampuan eksplorasi karir siswa SMP. Skripsi, tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah, Tasikmalaya.

Irianto. A. (2010). Statistika Konsep, Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Komang, S. (2014). EFEKTIVITAS TEORI KARIER HOLLAND MELALUI LAYANAN INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, Vol. 2(No. 1).

Nufus, A. (2017). Faktor Penentu Pemilihan Karir Siswa Smk Negeri 1 Dukuhuri Kabupaten Tegal. Skripsi. Tidak Diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Putri, I. E., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Perspektif Teori Holland dalam Karir Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1669–1675. Diambil pada tanggal 20 Agustus 2022, dari https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.591

Putri, M.R. (2018). Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Karir Dalam Perencanaan Karir Siswa Kelas XII IPA Di SMAN 1 Indralaya Selatan. Jurnal Wahana Didaktika. Vol. 16. No. 1.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Skripsi. Tidak Diterbitkan, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, Padang.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional Yang Berhasil. Jakarta: Rajawali Pers.

Purwanto, N. (2013). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahma, U. (2010). Bimbingan Karier Siswa. Malang: UIN-Maliki Press.

Ramadhani, E. (2017). Efektifitas layanan informasi dalam meningkatkan aspirasi karir siswa. Skripsi. Tidak Diterbitkan, Universitas PGRI Palembang, Palembang.

Tohirin. (2013). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Tohirin. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Trisnowati, E. (2016). Program Bimbingan Karir Untuk Meningkatkan Orientasi Karir Remaja. Jurnal Pendidikan Sosial. Vol. 3. No. 1

Umari, T. (2014). Upaya Peningkatan Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Pemilihan Karir Siswa Kelas IX MTS Darul Hikmah Pekanbaru. Skripsi. Tidak Diterbitkan, Universitas Riau, Pekanbaru.

Siregar. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Prenada Media Grup

Sugiyono, D. (2014). Upaya Meningkatkan Komunikasi Antar Pribadi Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Metode Kegiatan Kelompok dan Diskus Kelompok pada Siswa Kelas VIII F Negeri 15 Semarang. Skripsi. Tidak Diterbitkan, Unne : Semarang.

Sukardi, D.K. (2015). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bina Aksara.

Yusuf. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Gabungan. Jakarta: Renika Cipta.

Zamroni. (2016). Kultur Sekolah. Yogyakarta: Gavin Kalam Utama.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i1.4525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.