Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kebiasaan Belajar pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi serta Implikasi terhadap Layanan Bimbingan Konseling

Annida Nuur Aini, Junierissa Marpaung

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dari wawancara, didapati bahwa beberapa mahasiswa yang mengerjakan skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Riau Kepulauan mengalami kesulitan saat menghadapi skripsi. Salah satu dukungan yang dapat diberikan adalah dukungan keluarga yang merupakan dukungan paling dekat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kebiasaan belajar pada mahasiswa dalam mengerjakan skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Riau Kepulauan. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional product moment. Subjek penelitian di sini adalah 45 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Riau Kepulauan yang sedang mengerjakan skripsi. Teknik pengambilan data menggunakan skala dukungan keluarga dan kebiasaan belajar yang mengacu pada aspek-aspek dukungan keluarga dan kebiasaan belajar. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang sedang (berkolerasi) yang signifikan antara dukungan keluarga dan kebiasaan belajar. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis korelasi Product Moment dari Pearson Correlation yang menunjukkan korelasi sebesar rxy = 0,560 dengan Sig = 0,000 < 0,05. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif yang signifikan antara dukungan keluarga dan kebiasaan belajar mahasiswa yang menghadapi skripsi di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Riau Kepulauan.

Kata kunci: dukungan keluarga, kebiasaan belajar, bimbingan konseling


Full Text:

PDF

References


Anangkota, M. (2018). Buku Jangan Takut Menulis Skripsi. Sleman : Deepublish.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Aunurrahman. (2016). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hayati, A. N. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. BASIC EDUCATION, 5(13), 1-224.

Annisa Salsabila & Dinda Dwarawati. (2022). Hubungan Antara Forgiveness Dan Post Traumatic Growth Pada Perempuan Korban Kekerasan Dalam Pacaran Pada Usia Dewasa Awal Di Kota Bandung. Jurnal Riset Psikologi, 1(2), 124–131. https://doi.org/10.29313/jrp.v1i2.558

Eny Fatimatuszuhro Pahlawati, Eko Hadi Wardoyo, & Ummul Latifa. (2021). Hubungan Motivasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SDN Mojokrapak 3 Tembelang Jombang. Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial dan Budaya, 6(2), 257–274. https://doi.org/10.32492/sumbula.v6i2.4587

Hayati, A. N. (2016). Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Matematika. BASIC EDUCATION, 5(13), 1-224.

Luthfa, I. (2016). Family Support In Patients Of Type 2 Diabetes Mellitus Bangetayu Health Center In Semarang, Rasch Model Analysis. Nurscope : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 2(1), 12.

Mahfud, I., Gumantan, A., & Nugroho, R. A. (2020). Pelatihan Pembinaan Kebugaran Jasmani Peserta Ekstrakurikuler Olahraga. Wahana Dedikasi : Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(1), 56.

Ramdani, R. (2016). Kontribusi Kecerdasan Spiritual Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepuasan Hidup Lansia Serta Implikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan Dan Konseling. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2). https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.301

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Cetakan Pertama). Pustaka Pelajar.

Widiantoro, D., Nugroho, S., & Arief, Y. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dari Dosen Dengan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.33367/psi.v4i1.649




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i1.4568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.