PROFIL HAMBATAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK KELAS IX DI SMPN 10 PADANG

Anissa Anissa Anissa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakang adanya peserta didik yang mengalami hambatan komunikasi antar pribadi, Adanya peserta didik yang menggunakan bahasa yang rumit saat melakukan komunikasi. Adanya peserta didik yang mengunakan bahasa yang bertele-tele saat melakukan komunikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil hambatan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas IX SMPN 10 Padang dilihat dari (status effect) 2)Profil hambatan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas IX SMPN 10 Padang dilihat dari (semantic problems) 3) Profil hambatan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas IX SMPN 10 Padang dilihat dari (perceptual distorsion) 4) Profil hambatan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas IX SMPN 10 Padang dilihat dari (no feed back) Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 270 peserta didik yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan 60 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang Profil hambatan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas IX di SMPN 10 Padang : 1) hambatan komunikasi antar pribadi dilihat dari indikator status effect yaitu berada pada kategori sedikit. 2) hambatan komunikasi antar pribadi dilihat dari indikator semantic problems berada pada kategori cukup. 3) hambatan komunikasi antar pribadi dilihat dari indikator perceptual distorsion berada pada kategori banyak. 4) hambatan komunikasi antar pribadi dilihat dari indikator no feedback berada pada kategori banyak. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar peserta didik lebih memahami dan mengetahui hambatan komunikasi antar pribadi yang ada pada diri peserta didik sehingga tidak terjadi lagi hambatan komunikasi antar pribadi peserta didik.

Full Text:

PDF

References


A Muri Yusuf. 2007. Metodologi Penelitian. Padang : UNP Press

AW Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Deddy, Mulyana. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ludlow, Ron & Panton,Fergus, Komunikasi Efektif, Editor: Deddy Jacobus, Andi, Yogyakarta, 1996.

Maulana, Herdiyan dan Gumgum Gumelar. 2013. Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta : Akademia Permata

Shannon dan Weaver. 1949. Pengantar Ilmu Komunikasi.Jakarta: Erlangga.

Sugiyo. 2005. Komunikasi Antar Pribadi. Semarang. UNNES Press.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v9i2.4733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.