KOLABORASI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MTS-SA KEBON DALEM

Muhammad Robithuddin, Lailyyatun Nadhifah

Abstract


Lembaga pendidikan sekolah sangat bertanggung jawab terhadap pembentukan karakter siswa salah satunya tentang kedisiplinan. Namun tugas untuk mengembangkan secara utuh serta meningkatkan kedisiplinan siswa sesungguhnya merupakan tugas guru Bimbingan dan Konseling melalui pendekatan psikologis. Dalam hal ini guru Bimbingan dan Konseling bekerjasama dengan guru Pendidikan Agama Islam untuk menanamkan nilai-nilai karakter kedisiplinan melalui pendekatan keagamaan. Sehingga dari kolaborasi ini diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan para siswa di MTs-SA Kebon Dalem. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dalam bentuk deskriptif untuk menjelaskan mengenai aktifitas yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Data yang diperoleh merupakan hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data serta akan dianalisis. Untuk memvalidasi data menggunakan pengamatan dan triangulasi.Hasil penelitian menemukan beberapa hal bahwa dalam perencanaan kolaborasi setiap masing-masing guru memiliki Rancangan Pembelajaran sendiri. Dalam pelaksanaannya, guru Bimbingan dan Konseling dengan guru Pendidikan Agama Islam saling memberikan informasi, saling berkordinasi dalam mengelola tugas yang menjadi tanggung jawab bersama dan membentuk suatu kegiatan bersama dalam rangka mengoptimalkan potensi siswa. Adapun dari kolaborasi tersebut ditemukan beberapa faktor evaluasi yang menjadi pendukung dan faktor yang menjadi penghambat.

Full Text:

PDF

References


Hartono dan Boy Soedarmadji. 2012. Psikologi Konseling. Surabaya: Kencana.

Hayati, Fitri. 2016. “Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Di MA” dalam Jurnal Manajer Pendidikan, Vol. 10, No. 6 November. Bengkulu: Mapen.

Herdiani, Mira dkk. 2018. “Strategi Kolaboratif Guru BK dengan Guru PAI dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa” Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. Vol. 6, No. 1. Yogyakarta: Irsyad.

Kartadinata, Sunaryo. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Masruroh, Siti. 2018. “Upaya Peningkatan Kedisiplinan Masuk Kegiatan Belajar Mengajar Melalui Layanan Konseling Individu Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 4 Surakarta” dalam Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 18, No. 2 Februari. Aceh: Ar-Raniry.

Noor, Juliansyah. 2017. Metodologi penelitian skrispsi, tesis dan karya ilmiah. Jakarta: Kencana.

Sukarjo, M. dan Ukim Komarudin. 2015. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal. Yogyakarta: Andi Offset.

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i1.4884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.