EFEKTIFITAS LAYANAN INFORMASI MELALUI APLIKASI TIKTOK DALAM MENINGKATKAN PERSEPSI POSITIF PESERTA DIDIK YANG RENDAH TERHADAP GURU BK

Daffa Khairunnisa, Tamama Rofiqah, Ahmad Yanizon

Abstract


Daffa Khairunnisa. 2023. Efektifitas Layanan Informasi Melalui Aplikasi TikTok Dalam Meningkatkan Persepsi Positif Peserta Didik Yang Rendah Terhadap Guru BK. Program Sarjana. Program Studi BIMBINGAN KONSELING. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Riau Kepulauan.

 

Persepsi merupakan pandangan seseorang terhadap suatu objek atau hal yang umumnya tidak memahami secara detail dari masalah yang sedang dihadapinya atau hanya mendapatkan informasi yang setengah-setengah dari masa. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, didapati bahwa beberapa peserta didik memiliki persepsi positif yang rendah terhadap guru BK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap efektifitas layanan informasi melalui aplikasi TikTok dalam meningkatkan persepsi positif peserta didik yang rendah terhadap guru BK. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen dengan The One Group Pre-Test – Post-Test. Subjek penelitian di sini adalah 30 orang peserta didik kelas XI TKJ di SMK Al-Azhar Batam. Data analisis menggunakan Uji-T One Sample dengan metode Independent Sample T-Test dengan menggunakan perangkat lunak pengolahan data statistik SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh data pada Pre-Test dan Post-Test dengan signifikannya 0.000 atau probabilitas dibawah alpha (0,000 < 0.05) yaitu dengan kenaikan skor pada subjek penelitian dari rata-rata skor 25.52% menjadi 35,57%. Berdasarkan temuan penelitian ini, disimpulkan bahwa layanan informasi melalui aplikasi TikTok efektif dalam meningkatkan persepsi positif peserta didik yang rendah terhadap guru BK. Penelitian ini menunjukkan bahwa pentingnya pelaksanaan layanan informasi di sekolah oleh guru BK.

 

Kata Kunci: Persepsi Positif Rendah, TikTok, Layanan Informasi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Rofiq Faudy. 2015. “Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.

“Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10(1)". http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia/article/view/791 (Agustus 9, 2022).

Aldhora, Novia, dan Dony Apriatama. 2021. “Bimbingan Kelompok dengan Media Aplikasi Tiktok untuk Meningkatkan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Daring melalui Whatsapp Group.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan 5(2): 133.

Alvi, Amalia, dan Ma’fufah Hastin. 2019. “Stigma Guru Bimbingan Konseling (Mengubah Mainset Peserta Didik Terhadap Guru Bimbingan Konseling Melalui Keterampilan Komunikasi Interpersonal).” Bikotetik (Bimbingan dan Konseling Teori dan Praktik) 3(1): 11.

Aminudin, Amin. 2022. “Persepsi Masyarakat DKI Jakarta tentang Pemberitaan Penanganan Wabah Covid-19 di Wilayah DKI Jakarta.” Medium 9(2): 263–75.

Busmayaril, Busmayaril, dan Heldayani Heldayani. 2016. “Persepsi Peserta Didik Terhadap Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas Negeri I Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat Tahun Pelajaran 2015/2016.” Konseli : Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal) 3(1): 11–18.

Irfan, Muhammad. 2022. “Aplikasi TikTok sebagai Media Informasi Berita (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara, Kecamatan Bahorok, Langkat).” Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial 6(2): 172–77.

Jayanti, Fitri, dan Nanda Tika Arista. 2019a. “Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura.

“Competence : Journal of Management Studies 12(2). https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/4958 (Agustus 9, 2022).

Kurniawati, Erna. 2022. “Mengurangi Persepsi Negatif Siswa terhadap Guru BK melalui Layanan Informasi di Kelas x mm2 Smkn 1 Juwiring.” Vocational: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2(1): 92–97.

Mingkid, Gary Jonathan, Daud Liando, dan Johny Lengkong. 2017. “Efektivitas Penggunaan Dana Desa dalam Peningkatan Pembangunan.” (2).

“Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014.pdf.” https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%20111%20Tahun%202014.pdf (Agustus 9, 2022).

Prayitno. 2012. Jenis Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, S. (2018). Pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai personal branding di Instagram (Studi deskriptif kualitatif pada akun@ bowo_allpennliebe). Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 9(2), 176-185.

Warpindyastuti, L. D., & Sulistyawati, M. E. S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Internet Menggunakan Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(1), 91-95.

Yusup, Febrinawati. 2018. “Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif.

Zikraiyah, Zikraiyah. 2021. “Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik terhadap Layanan BK dengan Menggunakan Video TikTok di Smk Negeri 4 Palangka Raya.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop 1(2): 1–9.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i2.5037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.