WHY IS CREATIVITY IN COUNSELOR COMPETENCE NEEDED?

Yan Guspriadi, Rezki Hariko, Yeni Karneli

Abstract


Kreativitas adalah sumber daya berharga dalam pertumbuhan manusia, pendidikan, dan kemampuan beradaptasi. Ini sering dicirikan sebagai kapasitas untuk mengembangkan kreasi segar (ide atau karya) yang penting dalam konteksnya sekaligus tidak terduga. Kreativitas, bersama dengan pemikiran kritis, kerja tim, dan keterampilan komunikasi, secara rutin terdaftar sebagai keterampilan hidup dalam kerangka gerakan keterampilan abad ke-21. Dalam artikel ini, kami menyelidiki pentingnya kreativitas dalam bantuan kejuruan dan mengusulkan cara untuk memasukkannya lebih lengkap ke dalam pembicaraan tentang konseling karir. Artikel pertama menyajikan kumpulan pendapat dari literatur tentang bimbingan konseling, pendidikan bimbingan, dan pelatihan. Materi ini mencontohkan perluasan modern yang sangat penting dari misi lapangan dari membantu siswa dalam membuat keputusan karir hingga membekali individu dari semua jenis keterampilan dan perspektif yang diperlukan untuk memulai proses seumur hidup dalam membangun 'proyek kehidupan' mereka sendiri dalam konteks yang lebih luas

Full Text:

PDF

References


Ball, S., Macrae, S., & Maguire, M. (2000). Choice, pathways and transitions post-16: New youth, new economics in the global city. Oxon, UK: Routledge.

Barabasch, A. (2019). Creativity development and vocational learning. In S. McGrath, M. Mulder, J. Papier, & R. Suart (Eds.), Handbook of vocational education and training: Developments in the changing world of work (pp. 1019–1035). Cham, Switzerland: Springer.

Boutinet, J.-P. (1996). Psychologie des conduites a` projet. Paris, France: Presses Universitaires de France.

Brunel, O., & Etienne, R. (2001). 99 Questions sur l’e,ducation a` l’orientation. Montpellier, France: Languedoc-Roussillon.

Cartier, J.-P. (2010). Re,pertoire Ope,rationnel de Compe,tences. Paris, France: E´ ditions QuiPlus Est.

Dupont, P., & Pereira Gonzalez, M. (1996). Pour une meilleure compr,ehension des termes en orientation. Cahiers de la Recherche en E´ducation, 3(1), 15–34.

Ginzberg, E., Ginsburg, S., Axelrad, S., & Herma, J. (1951). Occupational choice: An approach to a general theory. Columbia University Press.

Guilford, J. (1967). The nature of human intelligence. McGraw-Hill.

Guichard, J. (1989). Career education in France: New objectives and new methods. British Journal of Guidance & Counselling, 17(2), 166–178. DOI:10.1080/03069888908258051 Guichard, J., & Huteau, M. (2006). Psychologie de l’orientation professionnelle (2nd ed.). Paris, France: Dunod.

Holland, J. L. (1973). Making vocational choices: A theory of careers. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.

Lacroix, M. (2004). Le developpement personnel. Du potentiel humain a` la pensee positive. Flammarion.

Levy, F., & Murname, R. J. (2004). The new division of labor: How computers are creating the next job market. Princeton, NJ: Princeton University Press.

Lubart, T., Mouchiroud, C., Tordjman, S., & Zenasni, F. (2015). Psychologie de la cre,ativite,. Paris, France: Presses Universitaires de France.

Lubart, T., & Thornhill-Miller, B. (2019). Creativity: An overview of the 7C’s of creative thought. In R. J. Sternberg, & J. Funke (Eds.) Psychology of human thought (pp. 279–306). Heidelberg, Germany: University of Heidelberg.

Lubart, T. I. (1994). Creativity. In: R. J. Sternberg (Ed.) Thinking and problem solving (pp. 289–332). New York, NY: Academic Press.

Lubart, T. I., Zenasni, F., & Barbot, B. (2013). Creative potential and its’ measurement. International Journal of Talent Development and Creativity, 1(2), 41–51.

Michel, S., & Mallen, M.-C. (1990). Le bilan personnel, outil de votre re,ussite. Paris: Les,editions d’organisation.

Montagnier, S. (2012). Orientation, repe'res pour situer et orienter sa pratique. Paris, France: E´ ditions Qui Plus Est.

Mouillet, M.-C., & Colin, C. (2005). Chemin faisant [On the way]. Paris, France: E´ ditions Qui Plus Est.

Muchielli, A. (1999). L’identite,. Paris, France: Presses Universitaires de France.

Patillon, T. V. (2014). Creativity, adaptability and life-long management career skills. Paris, France: Conservatoire National des Arts et Metiers.

Pelletier, D. (1974). De,veloppement vocationnel et croissance personnelle: Approche ope,ratoire. Montr,eal, Canada: McGraw-Hill.

P,emartin, D. (1995). Les de,marches de projets personnels, Les psychope,dagogies en question. Paris, France: EAP.

P,emartin, D., & Legr'es, J. (1988). Les projets chez les jeunes: La psychope,dagogie des projets personnels. Paris, France: EAP.

Rogers, C. (1951). Client-centered therapy: Its current practice, implications and theory. London, UK: Constable.

Rose, N. (1992). Governing the enterprising self. In P. Heelas & P. Morris (Eds.), The values of the enterprise culture (pp. 141–164). London, UK: Routledge.

Runco, M. A., & Jaeger, G. J. (2012). The standard definition of creativity. Creativity Research Journal, 24(1), 92–96.

Salgado, J. F., Anderson, N. R., & Hu¨ lsheger, U. R. (2010). Employee selection in Europe: Psychotechnics and the forgotten history of modern scientific employee selection. In J. L. Farr & N. T. Tippins (Eds.), Handbook of employee selection (pp. 921–941). New York, NY: Routledge/Taylor & Francis Group.

Savickas, M. L., Nota, L., Rossier, J., Dauwalder, J. P., Duarte, M. E., Guichard, J., Soresi, S., Van Esbroeck, R. E. M., van Vianen, A & Bigeon, C. (2010). Construire sa vie (life designing): Un paradigme pour l’orientation au 21'eme si'ecle. L’Orientation Scolaire et Professionnelle, 39(1), 5–39.

Sternberg, R. J., & Lubart, T. (1995). Defying the crowd. New York, NY: Free Press. Super, D. E. (1953). A theory of vocational development. American Psychologist, 8(5), 185–190.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i1.5355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.