Analisis Masalah Kepercayaan Diri Warga Binaan Lapas Wanita Berdasarkan Hasil Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum

Siti Wasiatul Maroah, Cici Yulia

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan mengungkapkan masalah kepercayaan diri Warga Binaan Lapas Perempuan berdasarkan Instrumen Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum. Hasil penemuan di lapangan berdasarkan informasi dari pihak Lapas terdapat permasalahan seperti perasaan takut diasingkan oleh sesama warga binaan, stress, dan tidak nafsu makan. Dalam penelitian ini berbentuk deskriptif kuantitatif, peneliti menggunakan metode penelitian survei dengan menggunakan instrument AUM Umum. Sampel berjumlah 39 warga binaan Lapas. Hasil penelitian memperlihatkan permasalahan pada bidang Diri Pribadi sebesar 79,2% dengan masalah terberat adalah terlibat narkoba dan kurang percaya kepada orang lain. Dapat disimpulkan bahwa instrument AUM Umum sangat berguna dan bermanfaat dalam mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada warga binaan Lapas untuk membuat program layanan yang disesuaikan dengan kondisi warga binaan.

Full Text:

PDF

References


Anggit, F., Ni, A., Anggit, F., & Ni, A. (2017). Tingkat Stres dan Harga Diri Narapidana Wanita Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Kota Bogor Stress Level and Self-Esteem of Female Prisoners at Class II A Prison in Bogor City. 9(2), 26–33.

H,M, Jogiyanto. 2013. Pedoman Survei Kuesioner: Mengembangkan kuesioner mengatasi bias dan meningkatkan respon. Yogyakarta: BPFE

Lauster, P. 1978. The Personality Test (2nd, Ed,). London: Pan Books

Lautser, P. (2012). Tes Keperayaan Diri. Jakarta: Bumi Aksara.

Prayitno, & Sano, A. (2017). Alat Ungkap Masalah Umum Warga Masyarakat Format 5. Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula (B. Alma, Husdarta, Akdon, N. Mulyono, & Subandi (eds.); 9th ed.). Alfabeta.

Rustanto, A. E. (2017). Kepercayaan Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karir Mahasiswa Di Politeknik Lp3I Jakarta Kampus Jakarta Utara. Jurnal Lentera Bisnis, 5(2), 1. https://doi.org/10.34127/jrlab.v5i2.31

Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D (10th ed.). ALFABETA, cv.

Suhandi, S. (2010). HAK DAN KEWAJIBAN WARGA BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN DALAM PERSPEKTIF HAK ASASI MANUSIA. Perspektif, 15(2), 195-206.




DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v10i1.5419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN 2442-4323       E-ISSN 2599-0071

Gedung D Kampus Universitas Riau Kepulauan

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji, Batam, Indonesia

Email: kopastaunrika@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.