PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI EMKM PADA LAPORAN KEUANGAN USAHA MIKRO DAN KECIL (UMK) (STUDI KASUS PADA USAHA DEPOT AIR MINUM INDAH WATER)

RAVIKA PERMATA HATI, Yeni Sulistyowati, Rimayang A.L.P Ramli

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sistem pencatatan yang sesuai dengan kondisi Depot Air Minum UKM Indah dan SAK EMKM. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara yang dilakukan dengan pemilik UKM Depot Air Minum Indah dan observasi. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang dilakukan dengan mencari data teoritis yang berkaitan dengan objek penelitian yang memanfaatkan data perusahaan berupa data keuangan, buku pendukung teori, dan hasil penelitian sebelumnya. Depot UKM Air Indah Air telah melakukan proses pencatatan meliputi kebutuhan biaya dan pendapatan UKM, namun belum sesuai dengan standar yang ada sehingga masih sulit untuk menilai kondisi keuangan UKM yang sebenarnya. Pembuatan Sistem Akuntansi dimulai dari pencatatan saldo awal, pembuatan daftar data transaksi, pembuatan jurnal khusus penerimaan dan pengeluaran kas dan daftar piutang, pembuatan buku besar, pembuatan laporan keuangan yaitu laporan laba rugi, laporan posisi keuangan dan catatan atas laporan keuangan.

Keywords


SAK ETAP, Laporan Keuangan UMKM, Sistem Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI). (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah (SAK EMKM). Jakarta: Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia.

Marshall B. Romney dan Paul John Steinbart. (2014). Sistem Informasi Akuntansi: Accounting Information Systems (Edisi 13), Prentice Hall.

Moleong, Lexy J. (2012). MeodologiPenelitianKualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sujarweni, V.W. (2019). Akuntansi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic