PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DENGAN ANGGARAN SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA

Jayana Salesti, Syafruddin Syafruddin, Ori Saputra

Abstract


Salah satu peran penting manajemen dalam perusahaan adalah untuk memastikan tujuan perusahaan tercapai dengan melaksanakan fungsi manajemen  perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dalam ilmu akuntansi, peran manajemen tersebut dikenal dengan konsep akuntansi pertanggungjawaban. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan dan peranan akuntansi pertanggungjawaban pada PT Inspektindo Sinergi Persada dengan anggaran sebagai alat pengendalian biaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dari hasil wawancara dan data sekunder berupa anggaran tahun 2020, laporan realisasi anggaran tahun 2020, prosedur pembelian, struktur organisasi dan dokumen deskripsi pekerjaan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis yang digunakan adalah membandingkan teori dengan implementasinya berdasarkan studi kasus yang diperoleh. Hasil penelitian pada PT Inspektindo Sinergi Persada menunjukkan bahwa PT Inspektindo Sinergi Persada telah menerapkan akuntansi pertanggungjawaban secara memadai dikarenakan hanya tidak memenuhi satu dari lima indikator persyaratan penerapan akuntansi pertanggungjawaban saja yaitu belum melakukan pemisahan biaya terkendali dan tidak terkendali dalam laporan pertanggungjawaban. Sementara itu PT Inspektindo telah menggunakan anggaran dalam melakukan pengendalian biaya tetapi belum menetapkan batas toleransi (batas atas dan batas bawah) dalam menilai efisiensi pengendalian.

Keywords


akuntansi pertanggungjawaban, anggaran dan pengendalian biaya

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi dkk. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak

Astuty, Widia dkk. (2015). Akuntansi Manajemen. Medan: Perdana Publishing.

Deviesa, Devie. (2019). Akuntansi Manajemen Strategis dan Praktis. Yogyakarta: ANDI (Anggota IKAPI).

Sharon, Erika., Syermi S. E. Mintalangi. 2021. “Analisis Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Anggaran Sebagai Alat Pengendali Biaya pada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Utara”. Jurnal EMBA, 9(1), 1046-1057.

Halim, Abdul., Bambang Supomo., dan Muhammad Syam Kusufi. (2012). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Halim, Abdul., Achmad Tjahjono., dan Fakhri Husein. (2019). Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Hartati, Neneng. (2017). Akuntansi Biaya. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hery. (2019). Akuntansi dan Rahasia dibaliknya. Yogyakarta: Gava Media.

Kholmi, Masiyah. (2019). Akuntansi manajemen. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Lubis, Arfan Ikhsan. (2019). Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat.

Mandak, Andre. 2013. “Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Anggaran sebagai Pengendalian Biaya Dinas Perhubungan Manado”. Jurnal EMBA, 1(3), 465-473.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Prang, Olivia Sicilia. 2013. “Penerapan AKuntansi Pertanggungjawaban dengan Anggaran sebagai Alat Pengendalian untuk Penilai Kinerja pada PT Pelayaran Nasional Indonesia Cabang Belitung”. Jurnal EMBA, 1(4), 1016-1024.

Rumengan, Gery. 2013. “Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban dengan Anggaran sebagai Alat Pengendalian Biaya di Hotel Quality Manado”. Jurnal EMBA, 1(3), 1175-1184.

Stefanly M P Mengko dan Victorina Z Tirayoh. (2015). Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban Dengan Anggaran Sebagai Alat Pengendalian Biaya pada PT Gotrans Logistic Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi Vol 15, No 3 (2015) https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/ jbie/article/ view/9371/8950. Diakses 27 November 2021.

Sujarweni, Wiratna V. (2020). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Suripto dkk. (2021). Akuntansi Manajemen. Bandung: Media Sains Indonesia.

Urifah K, Hidayati K, Rosyafah S. 2021. “Penerapan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Alat Pengendalian Biaya dan Penilaian Kinerja”. UBHARA Accounting Journal, 1(2), 384-390.

Utari, Dewi., Ari Purwanti., dan Darsono Prawironegoro. (2016). Akuntansi Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic