LIKUIDITAS, SOLVABILITAS, AKTIVITAS DAN PROFITABILITAS TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN SEKTOR TAMBANGAN BATU BARA YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Septa Diana Nabella, Aris Munandar, Rona Tanjung

Abstract


Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui sejauhmana pengaruh antara  likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas terhadap harga saham pada perusahaan sub sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan sub sektor pertambangan batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu sebanyak 25 perusahaan. Sampel pada penelitian ini sebanyak 11 perusahaan.Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari www.idx.co.id dan website perusahaan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu  uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Analisis ini dilkukan dengan menggunakan program SPSS 20. Dalam pembahasan ditemukan hasil variable likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham dan secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham.


Full Text:

PDF

References


Adi, Samuel Nugroho. 2014. Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Debt to Total Assets Ratio terhadap Profitabilitas Perusahaan Sub Sektor Perkebunan yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2012. Skripsi. Universitas Bengkulu, Bengkulu.

Cici Paramida. (2011). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas terhadap Return Saham pada Pt. Astra Internasional, Tbk.

Eduardus Tandelilin. (2010). Portofolio dan Investasi. Yogyakarta: Kanisius

FahmiIrham, AnalisisLaporanKeuangan, CetakanKe 2. ( Bandung: Alfabeta. Ghozali, Imam. 2013)

Idamanti.(2015). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas dan Penjualan terhadap Hraga SahamPerusahaan Makanan dan Minuman yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Jogiyanto Hartono. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Bulaksumur: BPFE.

Kasmir. 2010. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2008. Manajemen Perbankan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Meythi,dkk. (2011). Pengaruh Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan.(2013). Analisis data penelitian dengan statistik.

Sari. Novita (2017).Pengaruh Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Pertambangan Batu Bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Nugroho.(2007). Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Harga Saham pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Rudo If Lumbantobing. (2016). Efek Rasio Likuiditas, RAsio Profitabilitas dan RAsio Aktivitas terhadap Harga Saham yang di Mediasi oleh Rasio Solvabilitas pada Perusahaan Sub Sektor Industri Perkebunan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Santi Octaviani. Dahlia Komalasari. (2017) Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, dan Solvabilitas terhadap Harga Saham Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Effek Indonesia).

Singapurwoko, A., & El-Wahid, M. S. M. (2011). The impact of financial leverage to profitability study of non-financial companies listed in Indonesia stock exchange. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences, 32(32), 136-148.

Susilawati. (2012). Analisis Perbandingan Likuiditas,Solvabilitas dan Profitabilitas terhadap Harga Saham pada Perusahaan LQ 45

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuanititatif kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/mja.v16i1.4264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Office:

Department of Accounting Studies, Faculty of Economi and Bussines, Universitas Riau Kepulauan

unit F

Jl. Pahlawan No. 99, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam

Contact: (0778) 39275

e-mail: measurement@journal.unrika.ac.id

Web Analytics Made Easy - Statcounter View My Stats

Measurement Statistic