PERANCANGAN SISTEM KENDALI GERAK ROBOT BERODA MENGGUNAKAN XBEE PRO REMOTE

M Zulfitra M Zulfitra, Pamor Gunoto

Abstract


Sistem Robotika merupakan salah satu solusi untuk mempercepat pengerjaannya dan mempermudah proses produksi untuk mencapai hasil kapasitas maksimal, Robot adalah bentuk mekanis dan elektrik yang didesain sebagai penunjang agar mempermudah manusia melakukan pekerjaan, salah satu pengaplikasian robot terhadap pengerjaan pada proses produksi manufaktur adalah sebagai pengangkat atau pemindah barang, pengaplikasian ini dilakukan adalah untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja terhadap operator, sehingga mengangkat dan memindahkan barang dilakukan oleh Robot. Sistem kontrol robot telah banyak teralisasi dengan menggunakan beberapa metode- metode kontrol,  dari metode kontrol otomatis dan juga semi otomatis. pada penelitian ini merancang sistem kendali gerak robot dengan jenis kontrol semi otomatis yang telah diiplementasikan menggunakan sistem kendali jarak jauh yang memanfaatkan module xbee pro sabagai alat bantu komunikasi wireless, joystick sebagai penghasil data dan diolah menggunakan mikrokontrol arduino. Untuk dapat menerima data yang telah dikirim dirancang sebuah penerima wireless modul xbee pro receiver kemudian data tersebut dijadikan sebagai instruksi dalam mengontrol gerak robot. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa xbee pro modul dapat digunakan mengontrol gerak robot dengan hasil data jarak kontrol maksimal 90 meter, ini membuktikan bahwa sistem kendali menggunakan wireless kotrol xbeepro  berjalan dengan baik dan dapat mengontrol pergerakan sesuai dengan instruksi yang diberikan melalui joystick.


Full Text:

PDF

References


Arduino Uno. (2011).diambil Juni 6, 2016, dari http://Arduino Uno.cc/.

Dimas Lazuardi Adya Putra., “Rancang Bangun Perangkat Keras Joystick PC Interaktif Untuk Aplikasi Permainan enis FPS(First Person Shooter) dengan mokrokontroler dan sistem komunikasi 802.15.4”, PENSITS, Juli 2009.

Digi.2010.”Xbee/Xbee-Pro ZB RF Modules”. Digi International Inc: Minnetonka.

Kharisma, “Perancangan dan Pembuatan Perangkat Keras Untuk Pemantau Kondisi Hujan dengan Sistem Komunikasi 80215.4(Zigbee)”, PENS-ITS, Juli 2009.

Nugraha, D.W., 2010. Perancangan Sistem Kontrol Robot Lengan yang Dihubungkan dengan Komputer. Majalah Ilmiah Mektek Tahun XII No. 3.

Slamet Hariyadi, “Sistem Koordinasi Robot Krci Expert Swarm 2008”, Proyek akhir, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya,ITS, September 2008.

Saleh, K., 2011. Rancang Bangun Robot Pemantau Wireless Berbasis Mikrokontroler ATMega8535 Menggunakan Bahasa Basic. Jurnal Penelitian Sains Vol. 14 No. 4(B).

X-CTU Configuration & Test Utility Software.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v1i2.1498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics