PERANCANGAN WIRLESS STARTER KENDARAAN BERMOTOR MEMANFAATKAN BLUETOOTH BERBASIS ARDUINO

Endang Susanti, Nelvan Candra

Abstract


Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak digunakaan pada saat ini dimana penggunaan sepeda motor dinilai lebih efien dalam segi waktu dan tenaga akan tetapi karena kesibukan pengguna cendrung melupakan perawatan sederhana pada sepeda motor yaitu memanaskan nya terlebih dahulu sebelum pagi hari sepeda motor digunakan. Pada penelitian ini dirancang sebuah alat yang dapat mempermudah setiap pengguna sepeda motor memanaskan sepeda motor dengan starter otomatis melalui aplikasi bluetooth. Dengan dirancangnya alat ini diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam perawatan sepeda motor. Bluetooth merupakan sebuah teknologi komunikasi nirkabel (tanpa kabel) yang beroperasi pada frekuensi 2.5 Ghz. Pada perancangan ini dibuat suatu alat yang dipasang pada sepeda motor dengan menggunakan kontrol arduino yang dapat menyalakan mesin dan mematikan kembali yang dapat diakses melalui smartphone dengan memanfaatkan bluetooth. Arduino sendiri merupakan pengendali mikro single board yang bersifat open source, diturunkan dari wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunan elektronik dalam berbagai bidang.


Full Text:

PDF

References


Pratama, I Putu Agus Eka, 2014, Sistem informasi dan implementasinya, Informatika, Bandung.

. Lusiana Citra Dewi , Wireless Technology Development: History, Now, And Then, 2011

. BlueTooth Introduction; http://www.xilinx.com/esp/networks_telecom/blue tooth/tutorials.htm; tanggal access 6 April 2004.

Riku Mettala; Bluetooth Protocol Stack; 1999

. Taufik, Azzi, Mikrokontroler Arduino Uno, Online pada http://dialogsimponi.blogspot.co.id/2014/11/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html, diakses pada tanggal 18 Februari 2016.

. M.Tan, K.A. Masagca.,2011, “An Investigation of Bluetooth Security Threats”, International Conference on Information Science and Applications, pp 1-7.

. YuliaLeo & Willyanto Santoso. Studi Dan Uji Coba Teknologi Bluetooth Sebagai Alternatif Komunikasi Data Nirkabel. Jurnal Informatika, 106 – 114. 2004

Rusli, Ahmad “Implementasi Bluetooth HC-05 Untuk Mengurangi Tingkat Kecelakaan Pada Pengendara Sepeda Motor” skripsi, Fakultas Teknik Universitas Mercu Buana (2015)

https://www.caratekno.com /2015/07/ pengertian arduino uno mikrokontroler.html

Owen Bishop, 2004 , Dasar-dasar Elektronika, Erlangga, Jakarta

. https://teknikelektronika.com/pengertian-power-supply-jenis-catu-daya

. Mon, Y. (2015). The Bluetooth Based LED Control For Arduino Test Platform By Using Mobile APP. International Journal of Scientific & Technology Research,4(6), 330–332.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v1i2.1528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics