PERANCANGAN SISTEM UJIAN ONLINE BERBASIS WEB DI FAKULTAS TEKNIK PROGRAM STUDI TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM

Angga Prayoga Setiawan, Reza Nandika

Abstract


      Pendidikan merupakan salah satu sektor pembangunan yang sangat potensial untuk dapat diintegrasikan dengan kehadiran teknologi informasi. Dampak dari perkembangan itulah yang menyebabkan lembaga pendidikan selalu berlomba-lomba untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Proses ujian yang dilakukan Universitas Riau Kepulauan Batam, khususnya Fakultas Teknik Prodi Teknik Elektro masih dilakukan secara manual. Pemanfaatan teknologi yang sudah ada dapat dilakukan dengan ujian online dengan tujuan dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga dan juga dapat mempermudah mahasiswa untuk memperoleh hasil ujian secara langsung.  Penelitian ini dibuat salah satu sistem informasi ujian online, dengan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data. Sedangkan pada Data Flow Diagram, digambarkan sistem sebagai kerja antar fungsi yang berhubungan satu sama lain dengan aliran dan penyimpanan data.


Full Text:

PDF

References


Ahfas, Imam, “Rancangan Bangun Simulasi Tes Online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)”, Universitas Maria Kudus, Jawa Tengah : 2012.

Ahmad Nur Setyo Candra, “ Aplikasi Ujian Online di RSBI SMAN 2 Mojokerto”, Universitas Pembengunan Nasional “Veteran”, Jawa Timur : 2012.

Purwanto, Toni, “Perancangan Aplikasi Simulasi TOEFL (Test Of English as Foreign Language)” Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullan, Jakarta : 2011.

Al Fatta, Hanif. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta : 2007

Kusrini, M.kom dan Andri Koniyo. “Tuntunan Praktis membangun sistem informasi Akuntansi Dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server”, Andi, Yogyakarta : 2007

Peranginangin, Kasiman. “Aplikasi WEB dengan PHP dan MySQL”, Andi, Yogyakarta : 2006

Jogiyanto, H.M. “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogyakarta : 1990




DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v2i1.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics