PERHITUNGAN DAN PENGUJIAN BEBAN PADA GENERATOR DI KAPAL TUGBOAT HANGTUAH V

Mr. Ricesno, Reza Nandika

Abstract


Abstrak

Kapal Tugboat Hangtuah V merupakan kapal Harbourtug diproduksi oleh PT. Citra Shipyard sesuai dengan pesanan oleh PT. Pelabuhan Indonesia I yang memiliki 3 buah generator. Untuk membangkitkan daya yang dibutuhkan pada kapal Kapal Tugboat Hangtuah V maka generator set yang terpasang harus mampu beroperasi secara optimal Akan tetapi dalam pembagian beban pada setiap generator set belum diketahui secara pasti pembagian yang dilakukan apakah sesuai dengan jumlah peralatan bekerja pada kapal. Pada penentuan kapasitas daya generator, peneliti melakukan beberapa tahap Pertama, menghitung kapasitas peralatan yaitu dengan menghitung nilai faktor beban peralatan. Kedua, mencari jumlah beban dalam setiap kondisi operasional kapal pada saat sandar, operasi, berlayar dan fire fighting. Ketiga, mencari nilai faktor beban dari variasi generator yang digunakan. Setelah didapatkan faktor beban, peneliti juga turut menguji generator dengan pengujian beban yang bervariasi dengan standar waktu tertentu. Hasil perhitungan jumlah beban dalam setiap kondisi menunjukkan faktor beban yang tidak melebihi dari 86% dengan kapasitas generator yang ada. Pengujian beban pada generator menunjukkan hasil yang baik dan tidak memiliki masalah pada generator yang diujikan.

 


Keywords


Load Test, Generator, Daya, Listrik Kapal, kalkulasi

Full Text:

PDF

References


A. Suyanto, M. T. Prasetyo, and A. Kiswanto, “Perancangan Kebutuhan Daya Listrik Pada Kapal Perintis 2000 GT Dengan Elektric Balance BKI,” p. 14, 2017.

Biro Klasifikasi Indonesia, "Rules for electrical Installation, vol. IV. 2004.

A. B. Setyoko, E. S. Hadi, and U. Budiarto, “Analisis Optimasi Kebutuhan Daya Listrik Pada Kapal Penumpang Ro-Ro KM. Egon Dengan Metode Dynamic Programming,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 1, no. 2, 2013.

E. Prayetno, Sistem Installasi Listrik Perkapalan. Teknik Elektro UMRAH, 2016.

R. H. B. I. Purba, E. S. Hadi, and U. Budiarto, “Analisis Optimasi Penentuan Kapasitas Daya Generator Pada Kapal KM. Sinabung,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 3, no. 2, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v3i1.2443

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics