PERANCANGAN SISTEM PENERANGAN LAMPU DENGAN TEKNOLOGI PIEZOELEKTRIK PZT DI FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Endang Susanti, Ikro Bistama

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah konsumsi kelistrikan yang terus bertambah. Alat ini akan mengubah energi kinetik dari pijakan manusia untuk menghasilkan energi listrik. Dalam penggunaanya, ketika berjalan normal di atas prototipe ini pengaruh sifat elastisitas bahan yang ada pada prototipe ini akan menyebabkan tekanan dan memberikan efek kerja pada sensor piezoelektrik. Kemudian getaran yang dideteksi oleh piezoelektrik akan merespon enerli listrik yang dihasilkan. Energi kinetik ini dihasilkan dari pijakan manusia yang dapat dikonversi menjadi bentuk energi lain yang bermanfaat sebagai energi lsitrik sesuai dengan konversi energi. Penelitian ini akan membahas proses pembuatan dan perancangan prototipe alat penghasil listrik dari tekanan mekanik berbasis piezoelektrik, pengarus rangkaian paralel serta pengaruh pembenanan tekanan yang bervariasi terhadap tegangan keluaran dari piezoelektrik.


Keywords


Piezoelektrik, energi listrik, energi kinetik

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Dickson Kho, 2019. Komponen Elektronika Simbol dan Fungsi Kapasitor beserta jenis-jenisnya diakses dari https://teknikelektronika.com/simbol-fungsi-kapasitor-beserta-jenis-jenis- kapasitor/. {12 Desember 2019}

Ebrahimi, Farzad. 2013. Piezoelectric Materials and Devices-Practice and Aplications. Rijeka, Croatia.

Gautschi, G. 2002. Sensorik piezoelektrik. Springer Berlin, Heidelberg,New York.

Manfred Weber, 2019. Piezoelectric principle. Metra Mess-und Frequenztechnik in Radebeul e.K (online), diakses dari https://www.mmf.de/piezoelectric_principle.htm. {9November 2019}.

Serway, A Ramond. 2010. “Rangkaian Listrik” in Fisika untuk Sains dan Teknik, 6th edition, Jakarta : Salemba Teknika.

Tichi, Jan. 2010. Introduction in Fundamental of Piezoelectric Sensoric, 1 st edition. Boston : Springer Science Business Media Inc.

Young, Hugh D., dan Freedman, Roger A. 2012. University Physics With Modern Physics 13 th Edition. San Fransisco, Amerika Serikat




DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v3i1.2455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics