EVALUASI KONDISI DAN KERUSAKAN JALAN DENGAN METODE BINA MARGA (Studi Kasus Ruas Jalan Raja M Tahir Kota Batam)

Harry Kurniawan, Imam Setyohadi, Pirhot Pakpahan

Abstract


ABSTRAK

 

Ruas jalan raja m tahir  merupakan salah satu  ruas jalan kota yang ada di Kota Batam dengan total panjang 1,5  km. Secara visual hampir di sepanjang ruas jalan ini dijumpai lapis permukaan yang mengalami kerusakan, salah satu diantaranya yaitu STA 0+600 sampai dengan STA 0+700. Adapun jenis kerusakan yang dijumpai yaitu berupa pelepasan butiran, tambalan, lubang dan jenis retak lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas lapis permukaan saat ini berdasarkan metode bina marga  untuk selanjutnya diusulkan alternatif penanganannya dan urutan penangannya. Prosedur pengukuran di lapangan untuk nilai metode bina marga  menggunakan alat meteran sebagai penentu luasan  kerusakan dan selanjutnya dilakukan langkah pengelompokkan tingkat kerusakan kemudian dianalisis dengan standar bina marga  Berdasarkan analisis data tersebut maka yang menjadi prioritas penangan perbaikan adalah retak kulit buaya yang luas kerusakan permukaan nya yaitu 50,32 m2 dan dalam perbaikan nya diusulkan untuk dilakukan penambalan seluruh permukaan , dan selanjutnya adalah jenis keruskan tambalan yang luas permukaan nya 40,15m2 dan di usulkan di lakukan pembonkaran tambalan dan selanjutnya adalah jenis kerusakan retak  memanjang melintang yang luas kerusakan nya 37,86 m2 Dan dalam hal ini dilakukan perbaikan penutupan retak,penambalan kedalam parsial.

 

Kata Kunci : Kerusakan jalan, lapis permukaan, metode bina marga

 

 


Keywords


Kerusakan jalan, lapis permukaan, metode bina marga

Full Text:

PDF

References


Austroad, (1987), A Guide to the Visual Assesment of Pavement Condition, Austroad, Australia.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga., Manual Pemeliharaan Jalan, Penerbit Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga 1983.

Direktorat Jendral Bina Marga. 1995.Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Propinsi No. 001/T/Bt/1995, Metode Survei.Jakarta: Departemen PU.

Hardiyatmo, C.H. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya : Perkerasan, Drainase, Longsoran. Yogyakarta : Gadjah Madha University Press.

Sukirman Silvia. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung:




DOI: https://doi.org/10.33373/sigma.v3i2.2747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics