PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI ATV 32C DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAPACITY REQUIREMENT PLANNING (CRP) (Studi kasus di PT Schneider Electric Manufacturing Batam)

Vera Methalina Afma, Herry Irwan, Rolyex Togi

Abstract


Produk ATV 32C merupakan produk baru yang akan diproduksi di PT.SEMB dimana output, jumlah oprator, waktu proses produksi, dan kapasitas pada line tersebut belum diketahui. Sementara informasi dari supply chain bahwa forcast produk ATV 32C untuk 3 bulan ke depan sudah ada yaitu pada bulan Mei sebanyak 4.390 pcs, pada bulan Juni sebanyak 4.857 pcs, pada bulan Juli sebanyak 6.139 pcs dan pada bulan Agustus sebanyak 9.534 unit. Untuk memenuhi permintaan dari konsumen maka kapasitas dari line produksi dalam memproduksi produk ATV 32C dengan metode capacity requirement planning (CRP) .
Penelitian bertujuan untuk merencanakan kapasitas waktu produksi yang optimal menggunakan metode Capacity Requirement Planning pada PT. Schneider Electric Manufacturing Batam . Selain merencanakan kapasitas produksi, penelitian juga merencanakan jumlah operator berdasarkan waktu standar produksi dan jam kerja yang dubutuhkan untuk memperoleh kapasitas produksi yang optimal . CRP merupakan fungsi untuk menentukan, mengukur, dan menyesuaikan tingkat kapasitas atau proses untuk menentukan jumlah tenaga kerja dan sumber daya mesin yang diperlukan untuk melaksanakan produksi. CRP merupakan teknik perhitungan kapasitas rinci yang dibutuhkan oleh MRP. CRP memverifikasi ketersediaan kecukupan kapasitas selama rentang perencanaan
Hasil akhir yang diperoleh pada penelitian adalah untuk memenuhi permintaan dari bulan mei 2016 sampai agustus 2016 bersarnya kapasitas pada line ATV 32C sebanyak 141523 menit/bulan setara dengan 7029 pcs/bulan produk ATV 32C dengan waktu standar atau waktu baku untuk produk ATV 32C selama 20.1 menit/pcs. Operator yang dibutuhkan sebanyak 7 orang/shift serta shift kerja yang dibutuhkan dalam 1 hari yaitu 3 shift .
Kata kunci : Waktu baku, Jadwal Induk Produksi, Capacity Requirement Planning (CRP)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics