PENGARUH SUHU PREHEATING TERHADAP KEKUATAN TARIK DAN KEKERASAN PELAT BAJA ASTM A36 PADA PENGELASAN SHIELDED METAL ARC WELDING (SMAW)

Achmad Rifaldi, Agus Umar Ryadin, Arif Rahman Hakim

Abstract


Preheating yang dilakukan sebelum proses pengelasan bertujuan untuk mengurangi perbedaan temperatur spesimen agar tidak terjadi cacat las karena panas yang timbul pada saat pengelasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh suhu preheating pada hasil pengelasan SMAW terhadap sifat fisik dan mekanik serta untuk mengetahui berapa temperatur preheating yang sesuai diberikan pada baja ASTM A36. Pada penelitian ini, perlakuan yang diberikan adalah pengelasan dengan suhu preheating. Pengelasan dilakukan dengan metode SMAW pada baja ASTM A36 dengan kampuh V 60˚. Variasi suhu preheating yang digunakan dalam penelitian ini adalah non preheating, variasi preheating 100˚C, variasi preheating 200˚C, variasi preheating 300˚C. dari hasil pengelasan SMAW dilakukan pengujian dengan menggunakan uji tarik, dan uji kekerasan(Vickers hardness test). Berdasarkan hasil pengujian tarik dapat diketahui bahwa spesimen dengan variasi preheating 200˚C mendapatkan hasil terbaik dan pada hasil pengujian tarik menunjukkan bahwa nilai ultimate tensile strenght yaitu 458 (N/mm²). Pada ada hasil pengujian kekerasan menunjukkan bahwa nilai kekerasan mengalami peningkatan seiring ditingkatkannya temperatur preheating. Nilai kekerasan terbaik didapatkan pada temperatur preheating 300˚C yaitu dengan nilai kekerasan 147 VHN pada daerah base metal , nilai kekerasan pada daerah HAZ (Heat Affected Zone) yaitu 178 VHN dan kekerasan pada weld metal adalah 185 VHN.

Keywords


Preheating, SMAW , Metalurgi Pengelasan , Pengujian Tarik, Pengujian Kekerasan

Full Text:

PDF

References


ASTM A36, 2019, Standart Specification of Carbon Structural steel, American Society for Testing and Material,. Washington.

ASTM, 2017, BOS Volume 03.01 - Metals – Mechanical Testing; Elevated and Low Temperature Tests; Metallography Annual Book of ASTM Standard.

ASME Section IX, 2019,. Qualification Standard for Welding and Brazing Procedures, Welders, Brazers, and Welding and Brazing Operators, ASME, New York.

AWS D1.1: 2010. Structural Welding Code-Steel, American Welding Society, Miami.

Muvidah, U., 2004, Tugas Akhir: Pengaruh Jenis Proses Las dan Salinitas Terhadap Sifat Mekanik Weld Joint Material Baja Pada Underwater Welding di Lingkungan Laut, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Rananggono, D., 2010, Tugas Akhir: Studi Kekuatan Mekanik dan Struktur Mikro Hasil Pengelasan SMAW dengan Variasi Preheat dan Postheat Menggunakan Metode Pendinginan Cepat dan Pendinginan Lambat, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya.

Wiryosumarto, H., Okumura, T., 2008. Teknik Pengelasan Logam, edisi VII PT. Pradnya Paramita, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics