PREDIKSI NILAI MODULUS RESILIEN LAPIS PONDASI ATAS BERDASARKAN NILAI DCP MENGGUNAKAN ALAT DYNAMIC CONE PENETROMETER PADA BEBERAPA TITIK JALAN KOTA BATAM

Mulyati Mulyati, Dian Hastari Agustina

Abstract


Hal penting yang digunakan dalam desain struktur perkerasan jalan adalah daya dukung lapisan tanah dasar. Daya dukung lapisan tanah dasar atau tanah lapis pondasi bisa diprediksi dari nilai modulus resilien. Untuk mengetahui nilai modulus resilien bisa menggunakan persamaan rumus dari nilai DCP ataupun CBR. Uji DCP memiliki beberapa keunggulan dibandingkan CBR, antara lain alat yang digunakan sederhana, ekonomis, dan prosedur pelaksanaannya mudah dilakukan. Studi ini dilakukan untuk memprediksi nilai modulus resilien lapis pondasi berdasarkan nilai DCP. Metode pengujian dilakukan di laboratorium dan pengambilan data langsung di lapangan. Pengujian di laboratorium meliputi pemeriksaan kadar air, Batas cair dan batas plastis, Batas Susut serta Analisa Saringan. Pengujian laboratorium dilakukan untuk menentukan karakteristik tanah dari sampel yang diuji. Sedangkan pengujian langsung di lapangan dengan menggunakan alat DCP. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik tanah dari empat sampel tanah di ruas jalan Patam-Tiban, Matakucing-Sekupang, Sei Temiang-Sekupang dan Tanjung Uncang-Simpang Basecamp diperoleh klasifikasi tanah berdasarkan sistem AASHTO termasuk dalam kelompok A – 2 – 4 atau Material Kerikil Berlanau atau Berlempung dan Pasir dengan penilaian umum sebagai tanah dasar sangat baik sampai buruk. Sedangkan berdasarkan sistem USCS termasuk ke dalam kelompok SC (pasir berlanau, campuran pasir-lempung). Modulus resilien pada ruas jalan Patam-Tiban, Matakucing-Sekupang, Sei Temiang-Sekupang dan Tanjung Uncang-Simpang Basecamp yang didapat kecil sehingga tanah lapis pondasi pada jalan tersebut harus dipadatkan lagi.

Keywords


Dynamic Cone Penetrometer (DCP), Lapis pondasi atas Modulus Resilien (M_(R ))

Full Text:

PDF

References


Hardiyatmo, C.H, 2002, ”Mekanika Tanah 1” Edisi ke-3, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Klu, 2011, “Correlation between the dynamic cone penetration index and the subgrade resilient modulus obtained from the Falling Weight Deflectometer” (Doctoral Desertasi).

Mohammad, L.N., Herath, A., Abu-Farsakh, M.Y., Gaspard, K. and Gudishala, R., 2007, “Prediction of resilient modulus of cohesive subgrade soils from dynamic cone penetrometer test parameters” Journal of Materials in Civil Engineering, 19(11), pp.986-992.

Smart, A.L. and Humphrey, D.N., 1999. “Determination of resilient modulus for Maine roadway soils “, (No. Technical Report ME 96-10).

SNI 03-1967-1990. Metode Pengujian Batas Cair Dengan Alat Casagrande, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

SNI 03-1967-1990. Metode Pengujian Batas Plastis Tanah, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

SNI 03-1967-1990. Metode Pengujian Kadar Air Tanah, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Suaryana, N., Subagio, B.S., Kosasih, D. and Sjahdanulirwan, S., 2014, “Pengembangan Model Korelasi antara Modulus Resilien dengan Modulus Dinamis untuk Campuran Stone Matrix Asphal”, Jurnal Teknik Sipil ITB, 21(2), pp.171-178.

Syahruddin A, 2010, “Pengujian Daya Dukung Perkerasan Jalan Dengan Dynamic Cone Penetrometer (DCP) Sebagai Standar Untuk Evaluasi Perkerasan Jalan”, Jurnal Aptek,Vol. 2, No. 1, hal. 52-59.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics