MENURUNKAN JUMLAH KECACATAN PRODUK PADA PROSES PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DAN PENGENDALIAN STATISTIK DI PT. XYZ INDONESIA

Zaenal Arifin, Benny Dwika Leonanda

Abstract


Kecacatan produk yang terjadi di PT. XYZ Indonesia pada proses produksi sulit dihindari, ini terjadi pada kecacatan produk Case G140323340A yang mencapai 6.16% yang terbesar pada periodenya 4 bulan terakhir, sedangkan perusahaan mempunyai target 0.4% kecacatan yang dapat diterima dari setiap total produksinya. Dengan jenis kegagalan seperti produk Dent, Scratch, Rusty, Burring NG dan Misspunch. Dengan kualitas yang tidak bagus, produksi menambahkan proses yaitu dengan menyortir dan me-rework. Sehingga biaya produksi menanmbah dan kehilangan biaya akibat kegagalan yang timbul karena tidak bisa menjadi barang yang dapat dijual.
Penerapan metode Six Sigma (DMAIC) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), diperoleh nilai DPMO sebesar 22.146 dengan nilai σ sebesar 3,25 dimana masih jauh dari level industri di dunia yang mencapai 6 σ (3,4 DPMO). Perbaikan kualitas produk dengan metode Six Sigma (DMAIC) dan FMEA untuk mengurangi tingkat kecacatan produk diproses produksi didapat 3 Critical To Quality (CTQ) terbesar (Rusty, Scratch dan Dent) yang harus diperbaiki dan diimplementasikan.
Setelah diambil tindakan beberapa perbaikan atas dasar metode Six Sigma (DMAIC) dan FMEA, produksi kini telah dapat mengurangi kecacatan produk dari 6.16% menjadi 0.84%. ini sudah merupakan hasil yang siginifikan dari tindakan yang sudah diambil oleh produksi.

Keywords


: Kecacatan, metode, Six Sigma (DMAIC), FMEA,

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 2008. Manajemen Operasi Dan Produksi. Jakarta: LP FEUI

Gasperz, V. 2005. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Heizer, J and Render. B. 2006. Operations Management (ManajemenOperasi) 7th Edition. Jakarta: Salemba Empat.

Nasution, A. K. A. 2011. “Usulan perbaikan kualitas produk genteng dengan metode Six Sigma (DMAIC) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA)di PT. Monier. Tanggerang : Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara .

Nasution, M. N. 2015. Manajemen Mutu Terpadu. Edisi Ketiga, Bogor: Ghalia Indonesia.

Tannady, H. 2015. Pengendalian Kualitas. Jakarta: Graha Ilmu.

Wignjosoebroto, S. 2006, Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu, Surabaya , Guna Widya.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics