SISTEM HIDROPONIK BERBASIS INTERNET of THINGS (IoT)

Reza Nandika, Elita Amrina

Abstract


Internet Of Things(IoT) sudah berkembang pesat mulai dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electro mechanical sistems (MEMS), dan juga Internet. Internet Of Things(IoT) dapat dimanfaatkan di berbagai macam bentuk alat kontrol sebagai contoh sistem hidroponik berbasis Internet Of Things(IoT). Hidroponik dapat digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan lahan yang semakin tahun semakin sempit. Sistem hidroponik berbasis IoT ini diharapkan dapat membatu petani hidroponik untuk mengontrol dan memonitoring perkebunan hidroponik mereka dari jarak jauh. Rancangan dan pembuatan alat ini menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai otak dari alat kontrol dan Sensor Ultrasonik yang berfungsi sebagai pembaca volume air pada wadah penampungan. NodeMCU mengirimkan perintah pada Seleniod Valve dan Motor DC melalui program Arduino IDE dan kemudian mengirimkan notifikasi pada aplikasi blynk, sehingga tanaman hidroponik dapat di pantau dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Keywords


NodeMCU ESP8266, Sensor Ultrasonik, Blynk

Full Text:

PDF

References


Kurniawan, A. (2021, April 25). Retrieved Juni 14, 2021, from https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-hidroponik/

Yodi Setiawan, H. T. (2018). Penggunaan Internet of Things (IoT) untuk Pemantauan dan Pengendali Sistem Hidroponik. TESLA, 175-182.

Junaidi, A. (2015). Internet of Things, Sejarah, Teknologi dan Penerapannya : Review. JITTER, 62-66.

Suryono, d. (2008). Rancang Bangun Generator Pulsa Gelombang Ultrasonik dan Implementasinya untuk Pengukuran Antara Dua Objek. Berkala Fisika, 29-31.




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics