MOTIF PLAFON ANALOGI ALAM

Umiyati Umiyati

Abstract


Plafon atau langit-langit rumah merupakan bidang pembatas antara atap rumah dan ruangan di bawahnya. tinggiannya plafond atau langit-langit bangunan tergantung desainnya, Plafond rumah memiliki banyak fungsi, fungsi utama dari plafond adalah untuk menjaga kondisi suhu di dalam ruangan akibat sinar matahari yang menyinari atap rumah. panas diruang atap ditahan oleh plafond sehingga tidak langsung mengalir ke ruang di bawahnya sehingga suhu ruang dibawahnya tetap terjaga. selain menjaga kondisi suhu ruang dibawahnya, plafond juga berfungsi untuk melindungi ruangan-ruangan didalam rumah dari rembesan air yang masuk dari atas atap,menetralkan bunyi atau suara yang bising pada atap saat hujan. selain itu juga plafond dapat membantu menutup dan menyembunyikan benda-benda seperti : kabel instalasi listrik, telfon, pipahawa & dan struktur atap sehingga interior ruangan tampak lebih rapid an indah.

Plafon merupakan bagian yang menutupi bagian atas ruangan (langit-langit), dengan material yang digunakan pun berbeda. Plafon atau dalam bahasa inggris disebut ceiling. saat ini samgat pesatnya pembangunannya seperti perumahan, sekolah dan gedung-gedung perkantoran,hotel, apartemend dll. Hal ini membawa trend tersendiri bagi para arsitek dan desainer interior. Mereka dituntut membuat gambar perencanaan plafon sesuai dengan konsep dan tema dari keinginan pemiliknya. Saat ini, fungsi plafond rumah juga telah mengalami perluasan persepsi, tak hanya mengakomodir fungsi-fungsi yang disebut di atas, desain plafond saat ini juga dirancang sedemikian rupa sebagai pemberi kesan estetika khususnya pada interior ruangan. kualitas plafond rumah dipengaruhi oleh bahan atau material plafond yang dipakai, dimana setiap bahan atau material plafond tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. oleh karena itu bermunculan beragam model/motif dan bahan dasar yang dapat diaplikasikan untuk membuat plafond dengan harga yang beragam pula.
Dengan menggunakan pendekatan design berupa tema perancangan dengan arsitektur sebagai analogi alam yaitu mengaplikasikan metode analogi biologis (alam) ke motif plafond diharapkan memberikan warna tersendiri dalam merancang plafond.

Keywords


Plafon,fungsi, Analogi alam

Full Text:

PDF

References


Broadbent, Geoffrey. Design in Architecture. Architecture and the Human Sciences. 1973. John Wiley and Sons ltd: London

Gatut Susanta, ”Panduan Lengkap Membangun Rumah,” Jakarta, Indonesia. 2007, Bab 8, hal 124

Referensi https://id.wikipedia.org/wiki/Jurnal_ilmiah

Jubilee Enterprise,” Menulis Skiripsi,Jurnal dan Tulisan Ilmiah dengan Ms Word” Indonesia,2020

Kamus Besar Bahasa Indonesia,”Penertian Plafon”, JS Badudu, halaman 881, Cetakan pertama edisi ke tiga, Balai Pustaka 2001

A.A.M.Djelantik,” Pengantar Estetika ”, Indonesia,1999

Akmal, Imelda. .Plafon Kreatif. Jakarta : Gramedia 2008




DOI: https://doi.org/10.33373/sigmateknika.v4i1.3256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





E-ISSN 2599-0616

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sigma Teknika

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Batu Aji Baru No.99 Batu Aji

Email: sigmateknika@journal.unrika.ac.id

 

 

Web Analytics